Alasan mengapa olahraga saat perut kosong tidak baik

Beberapa mitos menyebutkan olahraga yang baik itu adalah saat perut anda kosong, namun Fakta ilmiah menyebutkan olahraga saat perut kosong tidak baik untuk kesehatan anda.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal kebugaran di Amerika Serikat menunjukkan, berolahraga dengan perut kosong tidak menawarkan manfaat apa pun. Malahan merugikan tubuh.

Dalam penelitian itu disebutkan makan sebelum atau sesudah olahraga tidak berpengaruh langsung terhadap jumlah pembakaran lemak, demikian kutipan dari Times of India.

Olahraga dalam kondisi kelaparan akan membuat tubuh kehilangan kekuatan otot. Kondisi ini tanpa disadari akan mengurangi intensitas latihan yang pada akhirnya akan mengurangi total kalori terbakar. Kekuatan otot berkurang juga membuat tubuh kehilangan energi untuk membakar lebih banyak lemak.

olahraga dengan perut kosong akan membuat pembakaran lemak lebih efektif? Pikiran ini didasarkan pada pemahaman bahwa perut kosong akan merangsang tubuh menggunakan lemak sebagai cadangan energi. Sementara, saat perut penuh, tubuh cenderung menghabiskan glukosa atau karbohidrat di perut sebagai energi pertama.

Seperti halnya penelitian sebelumnya yang mengungkapkan konsumsi sekitar 45 gram karbohidrat sebelum berolahraga dapat menekan nafsu makan menggila di sisa hari itu. Karena, tidak makan sebelum olahraga dapat membuat tubuh kehilangan banyak energi yang akan menyebabkan peningkatakan nafsu makan setelah latihan hingga dua kali lipat. Idealnya, makanlah sekitar 30 menit sebelum melakukan olahraga.

Bagaimana dengan anda ,apakah anda juga menerapkan olahraga saat perut kosong, sebaiknya jangan.