Detail kecanggihan sukhoi superjet 100

Sukhoi Superjet100 merupakan pesawat berpenumpang pertama yang dibuat pabrik pesawat tempur Rusia, Sukhoi. Dua bulan setelah mendapat sertifikat dari kelayakan dan keamanan terbang dari Eropa, seri pertama pesawat ini dibeli perusahaan penerbangan nasional Armenia, Armavi, pada April 2011.

Pesawat yang jatuh ini memiliki Sertifikat Type (Type Certification) dari Otoritas Sertifikasi Rusia dan sertifikasi dari Otoritas Penerbangan Uni Eropa (EASA) akan diperoleh dalam waktu dekat.

Spesifikasi teknis pesawat SSJ-100:


Kecepatan maksimum: maksimum 0,81 mach (kecepatan suara)
Ketinggian jelajah: 40 ribu kaki
Panjang landas pacu: minimum 1.731 meter
Jarak penerbangan: maksimum 4.578 km
Kapasitas penumpang: maksimum 98 penumpang
Panjang pesawat: maksimal 29.94 m
Lebar sayap: 27,80 m
Tinggi: 10,28 m
Lebar kabin: 3,236 m
Tinggi kabin: 2,12 m
Lebar lorong kabin: 51 cm
Lebar kursi: 46.5 cm


Desain kokpit disebut Human Centered Design, mudah dikendalikan, bahkan untuk mendaratkan saja hanya butuh satu pilot saja. Kokpitnya didesain gelap dan tenang, menawarkan ketepatan, kenyamanan dan kehandalan. Kokpit ini memiliki tuas pengendali di bagian samping dekat jendela kokpit.

Bodi pesawat ini didesain lebih luas, sehingga bisa menampung sampai 98 orang. Kelas bisnis berkursi 2-2 dan kelas ekonomi didesain 2-3 kursi. Pesawat ini didesain untuk pesawat jarak menengah yang waktu penerbangannya lebih dari 1 jam.

SSJ 100 dilengkapi alat pendeteksi kegagalan sistem. Termasuk dilengkapi Traffic Collision Avoidance System (TCAS) generasi kedua alias sistem yang bisa mendeteksi bila pesawat itu akan mengalami tumbukan dengan pesawat atau obyek lain. Sistem avionik SSJ 100 memiliki keunggulan keselamatan penerbangan dan kehandalan yang tinggi.