Fakta di Balik seramnya Petir

Jika ada hujan kemungkinan ada petir, itu sering terdengar di telinga kita. petir memang sesuatu yang menakutkan terutama buat kaum wanita dan anak-anak. untuk kategori dewasa banyak yang tidak terlalu takut jika mendengan suara petir menggelegar.
lalu apa fakta-fakta unik di balik petir.

Berikut Fakta Unik tentang peristiwa terjadinya petir tersebut.

1.Sambaran kilat :
Sambaran kilat berlangsung sangatlah cepat, kira-kira hanya selama 0,2 detik. Sambaran ini diikuti oleh banyak sambaran lain dalm jalur yang sama. Sambaran yang terjadi dapat menyalakan 100 juta bola lampu dalam sesaat. Namun hanya sambaran utama yang mengenai target.

2.Proses terjadi :
Petir terjadi karena pemampatan dan pemuaian udara di sekitar sambaran kilat. Sambaran kilat sendiri lebih panas 5 kali dari panas permukaan matahari atau sekitar 15.000-20.000 derajad Celcius. Saking panasnya, udara tersebut kemudian memuai menjadi sangat banyak dalam waktu yang sangat singkat. Akhirnya terjadilah suara petir yang sangat keras karena tumbukan udara  yang memuai secara cepat tadi dengan udara sekitar.

3.akibat pada manusia:
Seseorang yang terkena sambaran kilat sebenarnya masih memungkinkan untuk bertahan hidup. 5 dari 30 orang dilaporkan masih hidup setelah tersambar petir. Salah satunya adalah seorang Pria bernama Roy Sullivan, dia masih hidup walupun sudah tersambar petir 7 kali dalam hidupnya hingga umur 71 tahun.

4.Suara petir
Suara petir tidak akan terjadi tanpa sambaran kilat terlebih dahulu. Begitu pula sebaliknya bila terlihat sambaran kilat pasti akan timbul petir. Kadang-kadang sambaran kilat tidak dikuti suara, hal itu terjadi karena jarak kita dengan sambaran petir tersebut cukup jauh.

5.Terjadinya:
Diperkirakan 1800 kali petir terjadi dalam selang waktu yang sama di Bumi. Florida, Amerika Serikat  merupakan salah satu daerah yang paling banyak terjadi petir. Disana Petir terjadi sebanyak 25 juta hingga 30 juta kali pertahun.

6. Energi petir

Energi yang dilepaskan oleh satu sambaran petir lebih besar daripada yang dihasilkan oleh seluruh pusat pembangkit tenaga listrik di Amerika. Suhu pada jalur di mana petir terbentuk dapat mencapai 10.000 derajat Celcius. Suhu di dalam tanur untuk meleburkan besi adalah antara 1.050 dan 1.100 derajat Celcius. Panas yang dihasilkan oleh sambaran petir terkecil dapat mencapai 10 kali lipatnya. Panas yang luar biasa ini berarti bahwa petir dapat dengan mudah membakar dan menghancurkan seluruh unsur yang ada di muka bumi. Perbandingan lainnya, suhu permukaan matahari tingginya 700.000 derajat Celcius. Dengan kata lain, suhu petir adalah 1/70 dari suhu permukaan matahari. Cahaya yang dikeluarkan oleh petir lebih terang daripada cahaya 10 juta bola lampu pijar berdaya 100 watt.