Lukisan The Scream termahal di dunia

Top dan Unik: Lukisan The Scream karya Edvard Munch laku terjual triliunan rupiah di Balai Lelang Internasional Sotheby`s di New York, Amerika Serikat.Dalam acara lelang, lukisan yang menggambarkan seorang pria dengan kedua tangan yang memegang kepala tengah berteriak itu diperebutkan dua pengusaha kaya. Mereka saling menawar harga tinggi hingga akhirnya mencapai harga US$ 119,9 juta atau senilai Rp 1,1 triliun. Namun, panitia lelang tidak memberitahukan identitas pemenang lelang lukisan tersebut.

Pemilik lukisan yang merupakan seorang pengusaha Norwegia bernama Petter Olsen tentunya sangat senang. Sebab, lukisan yang dibuat pada 1895 itu mengungguli goresan seniman terkenal lainnya, yakni Pablo Picasso berjudul Nude, Green Leaves and Bust. Dua tahun lalu, karya Picasso itu laku seharga US$ 106,5 juta di Balai Lelang Christie`s.

Salah satu seniman yang mengunjunginya, Michael Frahm mengaku bahwa lukisan tersebut memang sangat bernilai seni tinggi, menyamai lukisan Mona Lisa. "Gambar lukisan bergaya pop tersebut dijadikan orang-orang dari Warhol hingga Hollywood sebagai gambar pada cangkir dan kaus mereka," ujar Frahm yang berasal dari perusahaan seni di London, Inggris itu.

Bila masih hidup, Munch pasti bakal sangat bahagia karena karyanya tersebut saat ini menjadi lukisan termahal di dunia melebihi karya lukisan termahal sebelumnya milik picasso.

menurut anda bagaimana ,apa pantas ya sebuah lukisan terjual dengan harga selangit sampai triliun rupiah, apa yang membelinya tidak butuh duit lagi.. gak habis pikir yaa..  sesuatu kata syahrini..haha