10 Budaya indonesia yang di klaim malaysia

10 Budaya indonesia yang di klaim malaysia:Seperti yang kita ketahui baru-baru ini ,lagi2 malaysia mengklaim budaya indonesia yaitu tari tor-tor dan gordang sembilan,  padahal itu adalah budaya asli indonesia, tidak kali ini saja, sebelumnya juga banyak budaya yang sudah di klaim malaysia, apa akan terus seperti itu tetangga kita tersebut, terus-menerus mengklaim budaya milik indonesia.
untuk referensi anda, berikut ini 10 budaya yang pernah di klaim negara malaysia sebagai budaya mereka.

1.Gamelan Jawa

Klaim yang terakhir adalah Gamelan Jawa yang sudah jelas-jelas merupakan warisan kebudayaan Jawa. Gamelan ini terdiri dari berbagai macam alat musik. Selain bonang, gong, ada pula rebab dan alat musik lainnya yang biasanya mengiringi wayang.

2.Keris

Keris adalah salah satu senjata para raja Majapahit. Wilayah yang paling banyak memakai keris adalah Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatera, Pesisir Kalimantan dan Sulawesi. Senjata ini pun diklaim Malaysia sebagai warisan budayanya.

3.Kuda Lumping

Kuda lumping adalah tarian khas Jawa, Indonesia. Namun beberapa kaum Jawa yang pindah ke Singapura juga mewariskan tarian ini pada generasinya di Singapura. Namun kuda lumping ini tetap budaya Indonesia. Pada tahun 2009, kebudayaan asal Jawa Timur ini diklaim juga oleh Malaysia.

4.Angklung

Angklung adalah budaya khas dari masyarakat Sunda, Jawa Barat, Indonesia. Warisan leluhur ini juga pernah diklaim oleh Malaysia.Musik angklung merupakan pengiring kesenian kuda kepang.

5.Reog Ponorogo

Dalam situs heritage.gov.my, ada gambar Reog Ponorogo dan situs itu menjelaskan bahwa tarian tersebut berasal dari Malaysia dengan nama Tari Barongan.untuk mencegah klaim ini Pemerintah Jawa Timur berupaya mendaftarkan Rego Ponorogo untuk mendapatkan hak paten tingkat dunia.

6.Tari Pendet

salah satu warisan budaya Indonesia yang pernah diklaim Malaysia adalah tari Pendet. Malaysia mengklaim tari pendet sebagai iklan promosi kunjungan ke Malasyia “Visit Malaysia Years”. Padahal sudah jelas, tari pendet adalah budaya dari Bali, Indonesia.

7.Wayang Kulit

situs resmi pemerintah Malaysia warisan.gov.my, Senin, 28 September 2009, memasukkan Wayang Kulit sebagai warisan kebangsaan Malaysia yang termasuk dalam kategori kebudayaan. Wayang Kulit tersebut telah didaftarkan pada 23 Februari 2009.

8.Rendang Padang.

Makanan asli Padang ini sudah tidak diragukan lagi kenikmatannya. Rendang menjadi salah satu dari sepuluh makanan paling enak di dunia versi CNNGo. Makanan ini sudah tembus ke benua Eropa dan seluruh belahan bumi lainnya. Namun, yang menembus ke Eropa tersebut adalah rendang buatan Malaysia. Lho apa bedanya dengan rendang Indonesia? Ternyata, rasa rendang Indonesia dengan Malaysia itu beda. “Kalau bicara rendang, ya rendang asli cuma di Indonesia. Kalau versi Malaysia , diolahnya cenderung setengah matang,” ucap pecinta kuliner Bondan Winarno, awal tahun ini.

9.Batik

Sebelum sepopular sekarang, batik  juga mengalami hal serupa seperti tarian Tor-tor. Batik diklaim oleh Malaysia sebagai warisan kebudayaan mereka pada tahun 2009. Alhasil, Indonesia akhirnya mencantumkan batik sebagai Warisan Budaya tak Benda (Intangible Cultural Heritage) di UNESCO pada 2 Oktober 2009. Dan semenjak itu pula, batik menjadi semakin jauh lebih popular di Indonesia; dikenakan saat akhir pekan di kantor-kantor, terapan desain dengan gaya modern, penjualan batik di outlet-outlet, dll.

10.Tari Tor-tor dan Gordang Sembilan.


Menteri Informasi, Komunikasi, dan Kebudayaan Malaysia Datuk Seri Rais Yatim, berencana meregistrasi tari Tor-Tor dan Gondang Sambilan sebagai peninggalan nasional Malaysia. Hal ini spontan mengejutkan kita karena yang selama ini kita tahu bahwa tarian ini adalah berasal dari Sumatera Utara, tepatnya dari Mandailing.