Fakta Unik Pelatih euro 2012

Fakta Unik Pelatih euro 2012: Untuk melakukan penilaian terhadap kinerja pelatih,Joachim Loew layak mendapat penghargan lebih dulu sebagai pelatih paling modis. Menukangi skuat Jerman sejak 2006, Loew dikenal sebagai pribadi yang memperhatikan penampilan. Meskipun harus mendampingi tim di lapangan ataupun saat pemainnya berlatih, Loew tidak kehilangan sentuhan untuk tampil modis, elegan, sekaligus casual. Rasanya gelar pelatih paling bergaya layak disandangnya.

Berbicara tentang nasionalisme adalah mutlak sebagai identitas sebuah tim nasional. Tetapi di sisi lain, menjadi pelatih juga dituntut sikap profesional. Atas nama profesional inilah yang membuat sejumlah pelatih memilih menukangi tim di luar negaranya. Mereka adalah Fernando Santos yang berasal Portugal namun melatih Yunani, Dick Advokat sebagai orang Belanda  menjadi komandan pasukan Rusia, dan yang terakhir adalah Trapattoni yang berkebangsaan Italia justru menyebrang ke Irlandia.

Selain Loew penghargaan juga pantas diberikan kepada Giovanni Trappatoni sebagai pelatih paling tua. Meski telah berusia 73 tahun, Trap tidak kehilangan gairah dan semangat berkompetisi dengan pelatih-pelatih yang lebih muda. Dengan sentuhannya, Irlandia lolos ke putaran final untuk pertama kalinya sejak tahun 1988.

ada juga predikat pelatih paling instan yaitu Roy Hodgson yang ditunjuk Federasi Inggris melatih tim tiga singa. Mantan pelatih Liverpool ini hanya memiliki waktu tiga minggu untuk memilih dan menyiapkan skuadnya. Memang Hodgson hanya meneruskan pekerjaan Fabio Capello yang mengundurkan diri. Namun waktu tiga minggu jelas bukan waktu yang ideal untuk menyiapkan sebuah tim nasional.

sekarang untuk Gelar pelatih termuda disandang paulo bento yang lahir 42 tahun silam. Bagi pelatih yang sempat melatih satu-satunya klub Sporting CP ini tidak ambil pusing dengan usia mudanya. Terbukti sudah dua tahun dipercaya menukangi Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan.