Gerhana Bulan Picu gempa di sukabumi

Benarkah kalau Gerhana Bulan yang menjadi penyebab gempa di sukabumi..? tentu kita sebagai orang awam tidak mengetahui secara pasti, namun ada studi yang mengatakan demikian.

Peneliti Astronomi dari Observatorium Bosscha, Dani Herdiwijaya, mengatakan berdasarkan data statistik, sejumlah gempa memang pernah terjadi dalam waktu yang berdekatan dengan fenomena gerhana bulan dan matahari, termasuk gempa yang menimpa Aceh beberapa tahun lalu.

penyataan tersebut juga di kuatkan oleh Profesor Riset Astronomi Astrofisika Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menjelaskan, pada saat gerhana hari ini posisi matahari, bulan, dan bumi berada pada satu garis. Ini membuat gaya pasang surut maksimal. Wilayah yang mengalami gerhana, seperti Pantai Selatan pada saat itu airnya surut. Pada saat air laut surut, bisa saja beban pada lempeng memicu pelepasan energi sehingga lempeng bergerak menyusup.

Apabila mengaitkan dengan gempa yang terjadi di Sukabumi, Jawa Barat, purnama dinilai menjadi pemicu pelepasan energi.

logikanya bearti saat bumi ,bulan dan matahari sejajar bisa menyebabkan ada gaya gravitasi yang menimbulkan pergerakan tanah. Hal tersebut memang cukup unik, mengingat jarak bulan ke bumi dan jarak matahari ke bumi yang sangat jauh, gak terbayangkan ya...

Dalam kasus seperti itu, bearti bisa di simpulkan nyelenehnya , gerhana bulan sebagai remot kontrol pemicu terjadinya gempa.