Ada Masjid Berbentuk Kuil di Beijing

Masjid Niu Jie di China memiliki bangunan yang unik. Arsitekturnya sama sekali tidak seperti masjid, malah cenderung mirip kuil Buddha.

Begitu tiba di depan Masjid Niu Jie, mungkin orang tidak mengira jika bangunan ini adalah sebuah masjid. Ini karena Masjid Niu Jie dibangun dengan tidak meninggalkan gaya China sedikitpun. Bahkan lebih terlihat seperti kuil Buddha.

Masjid ini dibangun pada tahun 995 M. Masjid Niu Jie Beijing merupakan masjid terbesar dan tertua di pusat kota penduduk Muslim.

Luas Masjid Niu Jie lebih dari 6000 meter persegi dan mencakup beberapa bangunan, antara lain ruang salat, Lou Bangge (menara), menara observatorium, dan dua paviliun dengan batu steles.

Menengok ke eksterior, Masjid Niu Jie sengaja dirancang dalam gaya China klasik, sehingga terlihat seperti kuil Buddha. Kontras dengan eksterior yang bergaya China klasik, interior lebih bergaya tradisional Arab. Dan tentu saja, tidak ada berhala untuk dilihat. Kedua prasasti China dan Arab banyak menghiasi bangunan masjid ini.