Akhirnya, kawah akibat meteorit Tertua di temukan

kawah akibat meteorit Tertua di temukan: Studi yang dilakukan ilmuwan di wilayah Greenland berhasil menemukan kawah tumbukan meteorit tertua di dunia.

Menurut Adam Garde, ilmuwan dari Geological Survey of Denmark ,kawah meteorit tersebut terbentuk 3 juta tahun lalu. Lebar kawah itu mulanya diperkirakan sekitar 500 km. Namun, karena telah mengalami erosi selama jutaan tahun, lebarnya kini tinggal 100 km.

Katanya ,kawah tersebut terbentuk oleh meteorit yang berukuran lebar 19 km. Jika meteorit itu jatuh di Bumi saat ini, diperkirakan semua makhluk hidup tingkat tinggi akan musnah.

Masih dari sang ahli,katanya ada tiga tanda yang menunjukkan bahwa wilayah yang diteliti merupakan kawah tumbukan meteor.
1. terdapat batuan berbentuk bulat yang tersebar, tanda pernah adanya tumbukan di suatu wilayah. 2. terdapat deposit mineral potassium-feldspar yang meleleh, tanda adanya proses pelelehan yang dipacu oleh panas ekstrim akibat tumbukan.
3. adanya pelapukan oleh air.

dia sangat yakin bahwa yang ditemukannya adalah kawah tumbukan meteorit yang terjadi beberapa juta tahun yang lalu.

Kawah tumbukan meteorit tertua sebelumnya adalah kawah Vredefort di Afrika Selatan. Kawah itu berusia 2 juta tahun dan memiliki lebar sekitar 300 km.dan karena kawah yang baru di temukan ini berusia sekitar 3 juta tahun maka kawah ini adalah kawah tumbukan meteorit tertua di dunia.