Wow.. Batu Raksasa Seperti menara kastil

Sungguh ajaib, cara alam membentuk bebatuan menjadi wujud yang unik. Jika berlibur ke Goreme di Turki, ada bebatuan raksasa tinggi menjulang berbentuk seperti menara kastil.

Kota Goreme di Cappadocia. Di sana terdapat sebuah kawasan yang berisi bebatuan seperti menara kastil. Bebatuan ini terbentuk dengan sendirinya tanpa campur tangan manusia.

Beribu tahun lalu, kawasan ini merupakan daerah bebatuan. Kemudian terkena erosi dari angin dan air, sehingga kini jadilah sebuah bentuk unik seperti menara kastil. Bagian atas batu cenderung lebih keras dan kuat, demikian ditengok dari situs resmi Cappadocia.

Sebenarnya, Turki memiliki banyak formasi bebatuan seperti ini. Bebatuan jenis ini tersebar di Lembah Uchisar di Urgup, Delta Avanos, di sekitar Kota Cat in Nevhesir dan beberapa kota lain di Turki. Namun yang mewakili imajinasi negeri dongeng adalah Fairy Chimneys yang berada di Goreme.

Selain sudah menjadi taman nasional, formasi bebatuan ini juga sudah masuk daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. Berjalan-jalan di sekitar bebatuan jadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat sedang liburan di sini. Di kota yang terbilang kecil ini juga terdapat penyewaan sepeda dan motor.