Ini Alasanya Cincin Pernikahan Tersemat di Jari Manis

Saya yakin banyak yang tidak tahu alasan memasang cincin kawin di jari manis. Kebanyakan adalah karena ikut-ikutan saja. Atau karena sudah tradisi.

Begitu juga dengan Admin. Sampai kemudian menemukan sebuah artikel dari beritaunik.net, mengenai alasan mengapa cincin kawin harus terpasang di jari manis, bukan di jari yang lainnya.

Ternyata hal ini berasal dari kutipan China kuno.

Nah berikut ini adalah beberapa penjelasan dari kutipan China tersebut, tentang mengapa cincin kawin harus terpasang di jari manis, dan bukannya di jari yang lain saja.

1. Langkah yang pertama adalah cobalah gerakan jari-jari tangan anda mengikuti seperti pada gambar di bawah ini.

cincin kawin di jari manis

2. Kemudian untuk semua jari, selain jari tengah, lekatkan jari kiri dan kanan tangan anda, seperti pada gambar di atas. Ibu jari ketemu ibu jari, kelingking ketemu kelingking dan seterusnya.

3. Baiklah, dari sini kita mulai permainannya. Dari lima pasang jari tersebut, akan terbukti hanya satu pasang jari yang tak terpisahkan.

4. Mulai dari ibu jari, coba buka ibu jari anda. Akan mudah terbuka. Ibu jari adalah filosofi dari orang tua kita. Dimana ketika dewasa, maka kita akan terpisahkan, baik itu oleh kematian ataupun hal lainnya.

5. Tutupkan kembali ibu jari tadi. Selanjutnya buka bagian jari telunjuk. Ini pun mudah terbuka juga. Jari telunjuk diibaratkan sebagai saudara kita (kakak atau adik). Karena mereka nantinya memiliki keluarga sendiri, sehingga nantinya pasti akan berpisah juga.

6. Tutup kembali jari telunjuk tadi. Selanjutnya, buka pasangan jari kelingking. Pastinya bisa terbuka dengan mudah. Jari kelingking ini diibaratkan dengan anak-anak kita. Mereka pun suatu saat akan meninggalkan kita sebagai orang tuanya. Dengan berbagai alasan atau karena sudah memiliki keluarga sendiri.

7. Kemudian tutup kembali jari kelingking anda. Nah ini yang terakhir, cobalah buka atau pisahkan jari manis anda. Pastinya tidak akan bisa, meskipun anda paksa. Terkecuali jika anda membuka semua jari anda. Menurut kutipan dari China tersebut, jari manis ini adalah filosofi dari pasangan pernikahan kita (suami istri), yang selama hidup akan selalu melekat dan tak akan terpisahkan.

Jadi inilah alasannya mengapa cincin kawin selalu dipasang di jari manis, bukan di jari lainnya.