Gereja Berbentuk Ayam di Magelang Jadi Sorotan Dunia

Gereja unik yang berada di Kabupaten Magelang semakin populer dan mendunia. Bahkan, media Inggris, Daily Mail, turut memberitakan Gereja tersebut pada Senin 13 Juli 2015.

Gereja unik itu berlokasi di bukit di Dusun Gombong, Desa Kembanglimus, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. tepatnya sekira 2,5 kilometer dari Candi Borobudur.
Jika dilihat berdasarkan bentuknya, konstruksi gereja itu benar-benar menyerupai ayam, lengkap dengan mahkota di kepala dan pada bagian belakangnya terdapat ornamen berbentuk ekor.

Sayangnya, di dalam gereja itu tidak ada bangku atau altar, melainkan serakan puing bangunan di atas tanah kosong yang terlihat tidak terawat.

Berdasarkan sejarahnya, Gereja ayam itu dibangun oleh seorang pengusaha bernama Daniel Alamsjah. Ia mulai membangun gereja tersebut pada 1990 silam.

Sebenarnya, Daniel ingin membuat gereja dengan bentuk merpati dan bukan ayam. Saat itu, tepatnya disuatu malam pada 1989 Daniel mendapat ilham untuk membuat sebuah tempat ibadah. Kemudian, ia berdoa sepanjang malam di sana (bukit) dan mendapat wahyu agar membangun rumah ibadah di tempat itu

Selain menjadi tempat ibadah, bangunan unik itu juga bisa digunakan sebagai tempat rehabilitasi serta penyembuhan bagi orang-orang yang terjangkit penyakit. Selain itu, bangunan tersebut juga bisa digunakan untuk kegiatan sosial.