Kumpulan Fakta unik dan menarik tentang Kucing

Halo sobat Info Kriuk, hari ini kita akan membahas tentang kucing. Hewan yang satu ini memang sangat akrab dengan lingkungan manusia, tentunya juga hewan ini adalah salah satu dari hewan peliharaan yang paling banyak di pelihara oleh manusia. Setiap kucing memiliki keunikannya tersendiri, maka kita harus memahami dan membiasakan berinteraksi dengan kucing.

Sayangnya dari sekian banyak pencinta kucing belum mengetahui fakta unik dan menarik tentang Kucing, jika sobat memang pencinta kucing silahkan baca fakta - faktanya di bawang ini:
Kumpulan fakta unik dan menarik tentang Kucing
via nalacat.com

Penyebutan Suara Kucing

Cara penyebutan suara kucing disetiap negara ternyata berbeda - beda, di Indonesia suara kucing sering ditulis dengan kata "Meong", hal ini berbeda dengan Amerika, karena disana suara kucing lebih sering ditulis dengan kata "Meow" dan di negara Inggris pun suara kucing ditulis dengan "Miaow". Lebih mengherankan lagi adalah di Jepang karena sering ditulis dengan kata "Nyaa".

Kucing Hewan yang Bersih

Kucing itu tidak Kotor ! kucing termasuk hewan yang sangat bersih, para kucing membersihkan diri dengan cara menjilati diri mereka. Sebenarnya air liur mereka adalah alat pembersih yang paling canggih, karena permukaannya yang kasar dan tertutupi oleh berbagai benjolan kecil yang runcing yang dapat membuang bulu - bulu mati yang menempel pada badannya.

Fakta lain menyebutkan juga bahwa kucing menghabiskan 30% dari waktu hidupnya hanya untuk grooming atau istilahnya membersihkan diri, maka tidak heran jika kucing memang termasuk hewan yang sangat bersih.

Mata Kucing

Seekor kucing dapat memandang hampur pada sudut 200 drajat, sama seperti kebanyakan predator lainnya, dengan kedua mata yang menghadap kedepan, mata kucing mampu menghasilkan persepsi jarak dan mengurangi besarnya bidang pandang.

Mata kucing juga sangat baik pada saat malam hari dibandingkan dengan manusia, kucing hanya butuh 1/6 cahaya yang diperlukan manusia untuk melihat karena mata kucing memiliki lapisan perefleksi cahaya yang disebut dengan tapetum yang dapat berfungsi sebagai penguat cahaya yang masuk ke retinanya.

Fakta lain tentang mata kucing adalah bahwa kucing memiliki mata yang paling besar dibandingkan dengan mamalia lainnnya jika dikaitkan dengan besar tubuhnya, selain itu kucing juga tidak perlu berkedip untuk membasuh kedua bola matanya.

Tubuh Kucing

Tubuh kucing tersusun dengan tulang yang lebih banyak dari manusia. Kucing memiliki 230 tulang dibandingkan manusia yang hanya memiliki 206 tulang, dari total keseluruhan tulang, kucing memiliki 30 ruas tulang belakang yang 5 kali lebih banyak dari manusia.

Kelenturan tubuh kucing juga sangat luar biasa, kucing mampu memutar kaki depannya kesegala arah dan setengah dari bagian tubuhnya dapat bergerak ke arah yang berlawanan, dengan badan yang sangat fleksibel itulah kucing mampu melompat dengan ketinggian 5 kali lipat dari tinggi badannya, selain itu kucing juga mampu berlari dengan kecepatan rata - rata dengan kecepatan 30 mil per jam.

Selain itu Ekor kucing berfungsi sebagai penyeimbang ketika kucing sedang berlari atau melompat.

Fakta lain adalah denyut nadi kucing, denyut yang normal berkisar dari 110 - 170 denyut per menit dengan suhu tubuh kucing yang normal adalah 38 celcius.

Penciuman Kucing

Kucing memiliki daya penciuman yang sangat baik, karena itulah kucing tidak akan memilih tempat yang bau dan kotor. Kucing juga tidak menyukai bau wewangian, termasuk bau dari jeruk dan lemon. Kenapa demikian ? karena pada indra penciuman kucing terdapat 20-80 juta sel olfactory.

Tidak dianjurkan juga bagi para cat lovers untuk menggunakan amonia untuk membersihkan bau urin kucing, karena kucing akan menganggap daerah yang terdapat bau amonia sebagai daerah yang terisolir.

Pada hidung kucing juga terdapat penanda, yang disebut nose pad (sidik hidung), sama seperti manusia yang memiliki sidik jari. Jadi tidak dimungkinkan dua kucing memiliki nose pad  yang sama.

Pendengaran Kucing Sangat Peka

Fakta unik dan menarik tentang kucing yang lainnya adalah pendengaran kucing. Indra pendengaran kucing sangat tajam dibanding dengan manusia dengan batas pendengarn kucing 65mhz, karena itulah kucing mampu mendengar suara yang sangat pelan dan juga suara yang sangat tinggi yang tidak dapat didengar oleh manusia.

Dengan daun telingnya yang lebar dan dapat berputar 180 drajat, kucing mampu mencari suara yang berasal dari balik tembok sekalipun. Kucing pun tergolong hewan yang sangat peka dengan suara karena ia bisa membedakan jenis - jenis suara, bahkan membedakan suara langkah kaki sekalipun.

Umur Kucing

Umur kucing berkisar antara 15 - 16 tahun, dengan kematangan seksual bagi kucing jantan pada umur 9 - 12 bulan dan untuk kucing betina 6 - 10 bulan.

Lalu bagaimana untuk menentukan kesetaraan umur kucing dengan manusia ?, untuk menentukannya, sobat mulai dengan angka 20 sebagai umur pertama kucing, setelah itu tambahkan lah 4 tahun umur manusia ke setiap umur tahun kucing, mudahnya seperti ini : jika kucing sobat berumur 1 tahun maka umurnya sebagai manusia adalah 20 tahun, dan jika kucing sobat berumur 3 tahun maka kita tambahkan angka 20 tahun dengan 2x4 yaitu 28 tahun. Kenapa 2x4 bukan 3x4 ? itu karena tahun pertama sudah di pakai untuk angka 20.

Selain itu juga perbedaan antara umur kucing yang hidup di luar dan di dalam rumah sangat jauh berbeda. Kucing yang berada diluar rumah rata - rata hanya mampu hidup 3-5 tahun, sangat jauh berbeda dengan kucing rumahan yang dapat mencapai umur 16 tahun lebih lama.

Kucing Hewan yang Malas

Kenapa kucing termasuk hewan yang malas ?, sudah biasa kita lihat bahwa kucing lebih banyak tidur dari pada bergerak karena kucing membutuhkan waktu tidur yang bervariasi antara 12 - 16 jam, hampir satu hari penuh, namun kita tidak akan menemui kucing yang tidurnya selama 20 jam karena si kucing juga harus bergerak agar badannya tidak kaku.

Dengkuran Kucing

Ciri - ciri jika kucing sedang dalam keadaan nyaman adalah dengan mendengkur, tapi jangan selalu di anggap kucing mendengkur adalah nyaman, bisa juga karena dia sedang dalam keadaan stres atau kesakitan.

Suara dengkurang kucing berfrekuensi antara 20 - 30 hz, mirip dengan suara mesin diesel dalam keadaan idle. Fakta lagi bahwa suara dengkuran kucing merupakan suara hewan yang sangat disukai oleh  manusia.

Dengkurang kucing juga sering digunakan sebagai terapi karena dapat mempengaruhi menusia yang mendengar dengkurannya merasa nyaman dan rileks sama saja saat kita mengelus - elus kucing, kita akan merasakan hal yang sama.

Tingkah laku Kucing

Tingkah laku kucing sangat dipengaruhi oleh lingkungan di sekitarnya, para ahli mengatakan jika kucing sobat terlalu dimanja maka kucing akan bertingkah terlalu kolokan. Selain itu kucing juga lebih merespon ke suara panggilan dari seorang wanita dibanding dengan pria, karena suara wanita lebih tinggi dari pria.

Sobat juga harus berhati - hati karena kucing dapat mengetahui perubahan mood sobat, dan kadang - kadang hal itu akan mempengaruhi si kucing, jadi jangan heran ketika sobat sedang emosi, maka kucing sobat juga ikut emosian,

Fakta juga jika kucing menggosokkan badannya ke kaki atau badan sobat, maka pasti kucing itu sedang menandai sobat dengan baunya dan menyatakan bahwa sobat sebagai pemiliknya.

Video Kucing

Sebagai bonus, saya tambahkan beberapa video kucing yang meggemaskan berikut ini.




Itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang kucing, jika sobat mempunyai pertanyaan seputar fakta tentang kucing atau mungkin sobat punya fakta unik yang lain ?, silahkan tinggalkan di kolom komentar dibawah ini ya.

Jangan lupa untuk membaca postingan sebelumnya tentang meme tentang Cara Mudah Membuat Meme dari memegenerator.net

Akhir kata terima kasih sudah berkunjung di blog Info Kriuk :)