Apa sih sebenarnya pengertian website itu ?

Halo sobat kriuk, pada posting kali ini kita akan membahas mengenai website. Pastinya istilah ini sudah tidak asing lagi ditelinga kita, mungkin sudah menjadi makanan sehari - hari terutama bagi para netizen termasuk saya sendiri :v.
pengertian website
WWW
Sebelum membahas lebih dalam mari kita bahas sejarahnya sedikit, WWW atau World Wide Web dibuat pada tahun 1990 oleh bapak WWW yaitu Tim Berners-Lee dan sebelumnya layanan web ini belum bisa dinikmati oleh kalangan umum karena pada awalnya tujuan Tim membangun WWW adalah untuk memudahkan tukar menukar informasi antar peneliti ditempat ia bekerja. Lalu barulah pada 30 April 1993 CERN mengumumkan bahwa WWW sudah bisa digunakan oleh siapa saja. Lalu apa sebenarnya pengertian website itu ?

Nah menurut Wikipedia sendiri website berarti "sekumpulan halaman web yang disediakan oleh satu domain" (waduh min domain itu apaan pula ?) Website ini biasanya di hostkan atau istilahnya di titipkan pada web server dan dapat di akses melalui internet maupun jaringan private. Halaman web dapat dilihat melalui device apapun dengan syarat device tersebut terhubung ke internet dan memiliki web browser.

Halaman web atau web pages yang membentuk website sebenarnya hanya tersusun dan ditulis sesuai dengan format dari HTML(Hyper Text Markup Language). Halaman web ini nantinya akan dapat di akses melalui protokol HTTP(Hyper Text Transfer Protocol) yang biasanya disediakan oleh web browser. Selain HTTP ada juga HTTPS yang jauh lebih aman dibandingkan HTTP karena dapat melakukan enkripsi setiap data yang ditransferkan.

Nah si Web Browser inilah yang akan merender atau istilah nya mencetak tampilan halaman web sesuai dengan HTML yang tersusun didalamnya. Halaman - halaman ini biasanya dapat di akses melalui URL (Uniform Resource Locator) atau biasa juga disebut web address. URL berguna untuk mengorganisir halaman dari suatu website agar si pembaca dapat dengan mudah mengakses konten dari website tersebut.

Saat ini website sudah digunakan untuk berbagai macam tujuan, ada website yang bersifat personal, komersil, pemerintahan, dan organisasi non-profit. Website juga dapat dikerjakan secara individu maupun secara kelompok tergantung dari tujuan website tersebut. Suatu website juga dapat berisi link ke alamat web lainnya. Website juga tergolong menjadi 3 kategori umum yaitu web statis, web dinamis dan web interaktif.

Jadi secara sederhana website sebenarnya adalah sekumpulan halaman web yang tersusun dengan format yang telah ditentukan oleh format standar yaitu format HTML dan format ini di atur oleh sebuah protokol yaitu HTTP.

Nah itulah yang dimaksud dengan website, semoga postingan mimin kali ini bermanfaat dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan dikolom komentar.  Akhir kata terima kasih sudah berkunjung ke infokriuk ya sobat !.