4 Cara Memutihkan Gigi yang Bisa Dicoba

KETIKA senyum tidak lagi indah karena gigi yang menguning atau berubah warna, tak sedikit orang yang mulai panik, menjadi rendah diri dan malu sehingga berusaha mencari cara memutihkan gigi atau mengembalikan warna gigi menjadi warna putih alami, bahkan ada juga yang ingin membuat giginya tampak lebih putih dari warna aslinya.



Perubahan warna gigi dapat disebabkan oleh berbagai macam hal baik yang berasal dari lingkungan ataupun dari tubuh, sehingga perubahan warna yang terjadi pun cukup bervariasi dan cara memutihkan gigi pun memerlukan perawatan atau tindakan yang berbeda.

Menyikat gigi dengan benar menggunakan pasta gigi yang tepat

Noda pada permukaan gigi akan hilang dengan aksi abrasif pasta gigi yang mengandung microgranule. Prinsip kerja pasta gigi ini tidak tidak merubah warna gigi, tapi membersihkan hingga ke sela-sela gigi. Sehingga penampilan warna gigi dapat mengembalikan gigi ke warna alaminya.

In office bleaching

In office bleaching adalah prosedur memutihkan gigi yang dilakukan di klinik dengan bantuan dokter gigi. Terdapat berbagai macam bahan pemutih gigi profesional yang dalam aplikasinya menggunakan bantuan sinar atau laser, dan juga pelindung pada bagian gusi dengan isolator atau rubber dam, agar tidak terpapar oleh bahan pemutih gigi. prosedur ini biasanya hanya membutuhkan satu kali kunjungan selama satu jam.

In home bleaching

Memutihkan gigi dilakukan sendiri dirumah tanpa bantuan dokter gigi menggunakan produk pemutih yang jelas berbeda dengan yang digunakan oleh dokter gigi di klinik dengan konsentrasi yang lebih rendah. Biasanya berbentuk gel yang diletakkan pada tray yang sesuai dengan gigi.

Veener

Merupakan lapisan tipis yang diletakkan pada permukaan gigi sehingga dapat menutupi permukaan gigi yang mengalami perubahan warna. Pengerjaannya dapat dilakukan secara langsung (direct) dan tidak langsung (indirect) oleh dokter gigi.

Dengan Veneer, tingkat perubahan warna yang diinginkan dapat diatur.

Namun yang terpenting dari cara memutihkan gigi, konsultasikanlah secara langsung jika Anda yang mengalami perubahan warna gigi ingin melakukan pemutihan gigi, baik sendiri atau dengan bantuan dokter gigi di klinik.

Bagaimanapun, penting untuk memahami beberapa hal sebelum memutuskan untuk memutihkan gigi.