Cara Merawat Interior Berbahan Granit

Batuan granit merupakan salah satu batuan beku dengan kandungan kuarsa sedikitnya 20 persen. Batuan ini merupakan jenis batuan intrusif yang granular dengan tekstur phaneritic. Batuan ini terdiri dari tiga unsur utama yang meliputi kuarsa, feldspar alkali, dan plagioklas feldspar.


Dengan beragam kandungannya, batu granit memiliki banyak manfaat untuk kehidupan manusia. Manfaat itu di antaranya mulai dari bahan dasar konstruksi gedung, jembatan, paving, monumen, serta konstruksi eksterior lainnya. Selain itu, sering kali batu ini menjadi bahan dasar untuk kontruksi bangunan interior yang menjadikan bangunan tampil lebih atraktif.

Namun sayangnya, banyak kalangan yang belum mengetahui betapa pentingnya untuk melakukan pemeliharaan terhadap batu granit di rumahnya. Meskipun tampak seperti batuan biasa, batuan ini juga perlu dirawat.

Dikutip dari cleanipedia, Minggu (13/12/2015), berikut beberapa cara yang dapat digunakan untuk merawat batuan granit.

1. Lap setiap hari untuk menyingkirkan debu dan kotoran dari permukaannya. Gunakan kain mikrofiber untuk mengelapnya, jika dilakukan secara rutin hal itu akan membuat batuan granit Anda tahan pada jangka waktu yang lama.

2. Gunakan sedikit air pada kain mikrofiber untuk mengelap meja dapur dari granit setiap kali Anda selesai memakainya untuk menyiapkan makanan.

3. Satu atau dua kali dalam sepekan, lap permukaan granit dengan produk cairan pembersih granit yang bisa Anda beli di toko swalayan dengan mengikuti petunjuk pemakaian pada labelnya.