Terbitkan Komikmu di 5 Penerbit Komik Indonesia Ini!


Perkembangan komik di Indonesia belum terlalu pesat, karena minimnya komikus-komikus Indonesia. Banyak orang yang mengatakan kalau membuat komik itu hanya membuang-buang waktu, karena dianggap tidak menghasilkan. Menerbitkan komik di Indonesia memang cukup sulit, tetapi sulit bukan berarti tidak bisa sama sekali.

Ada beberapa cara untuk menghasilkan pendapatan dari komik-komik buatan anda, salah satunya adalah dengan mengirimkan komik anda ke beberapa penerbit/publisher komik.

Nah, kali ini saya akan membahas mengenai publisher-publisher komik Indonesia.

1. re:ON Comics

Mungkin beberapa dari anda tidak asing dengan re:ON Comics, komik-komik re:ON dijual di Indomaret, gramedia, dan beberapa toko buku lainnya. Dalam 1 re:ON Comics terdapat 6 komik yang mereka terbitkan. Harga dari 1 buah re:ON Comics adalah Rp.30.000,-. re:ON Comics sendiri mendapat penghasilan dari hasil penjualan dan iklan. 



Saya sengaja menaruh re:ON Comics di nomor 1, karena menurut saya re:ON Comics adalah penerbit komik terbaik di Indonesia. Komik-komik yang diterbitkan bukan sembarang komik, komik yang mereka terbitkan merupakan komik-komik yang memiliki gambar dan alur cerita yang berkualitas internasionnal.

Lalu bagaimana cara menerbitkan komik di re:ON Comics?

Anda bisa mengirimkan karya anda melalui email ke submission@reoncomics.com atau bisa juga dikirim melalui pos ke alamat berikut :


PT. Wahana Inspirasi Nusantara
Apartemen Mediterania Garden Office Area, Tower D Lt. 01/01 Tanjung Duren Raya Kav. 5-9 Jakarta Barat 11470

Komik yang anda kirimkan boleh dibuat secara manual maupun digital, genrenya tidak dibatasi, dan boleh dikerjakan sendiri maupun berkelompok. Komik yang anda kirimkan harus komik one-shoot alias tidak bersambung (setelah lolos seleksi barulal buat komik bersambung) dan halaman harus berjumlah 8, 16, atau 24 (tidak bolak balik dan sudah termasuk cover).


UPDATE per 27 Agustus 2016: Sekarang komik re:ON sudah tidak tersedia di Indomaret
Tidak ada batasan umur untuk mengirimkan komik ke re:ON Comics

Untuk lebih lanjut silahkan baca situs resminya di http://reoncomics.com/submisi-karya


Komik Math
(Salah satu komik yang diterbitkan di re:ON Comics)

Kelebihan menerbitkan komik anda ke re:ON Comics :
  • Pendapatan yang didapat relatif besar
  • Anda akan menjadi terkenal di kalangan komikus dan pembaca komik
  • Waktu yang diberikan untuk membuat komik cukup lama yaitu lebih dari 1 bulan per episodenya.
  • Anda diberi kebesasan, baik cara pembuatannya, genrenya, dan umur komikus tidak dibatasi.
Kekurangannya :
  • Komik anda diterbitkan dengan warna hitam putih
  • Komik anda sangat sulit diterima di re:ON Comics karena komik yang diterbitkan disini harus memiliki kualitas yang tinggi

Saran saya untuk menerbitkan komik anda ke re:ON Comics
  • Sebaiknya anda tidak bekerja sendiri, carilah orang yang pandai membuat alur cerita atau yang pandai menggambar
  • Belilah komik re:ON lalu amati komik-komik yang ada, untuk mengetahui komik seperti apa yang disukai re:ON Comics
  • Dalam komik re:ON terdapat halaman re:VIEW, halaman ini menampilkan gambar 6 komik yang ditolak beserta alasannya, dari halaman ini anda bisa mengetahui kesalahan-kesalahan yang membuat komik ditolak.
  • Selain re:VIEW, di re:ON Comics juga terdapat halaman re:CREATE. Halaman ini akan menampilkan beberapa teknik menggambar seperti Menggambar prespektif 1 titik hilang, menggambar prespektif 2 titik hilang, anatomi hewan, membuat lipatan kain, dan lain-lain. Anda bisa memeanfaatkan halaman ini untuk meningkatkan pengetahuan kemempuan menggambar anda.

2. LINE WebToon

Sebenarnya Line Webtoon bukanlah penerbit komik asal Indonesia, namun saya sengaja memasukkan Line Webtoon dalam artikel ini karena komik yang diterbitkan Line WebToon di setiap negara berbeda-beda jadi komikus Indonesia berkesempatan besar untuk menerbitkan komik mereka di Line Webtoon. 

Line Webtoon sendiri mendapat penghasilan dari pengiklanan dan penjualan sticker/theme di Line.

Saya rasa kata "Webtoon" sudah tidak asing di telinga anda, karena komik online ini sudah sangat terkenal mengingat banyaknya pengguna Line dan sudah di iklankan di saluran televisi nasional.

Hasil gambar untuk webtoon


Bagaimana cara mengirimkan karya?

Karya anda dapat diunggah secara langsung dengan meng-klik tombol "TERBITKAN" yang ada di bagian kanan atas website http:/webtoons.com/id/challenge/list 

Mengirim/mengunggah karya hanya dapat dilakukan melalui komputer/PC

Komik yang diunggah harus memiliki format vertikal (memanjang kebawah) dan setiap episode harus dipotong-potong menjadi beberapa file JPG yang berukuran lebar 700 px dan panjang maximal 1000 px. Untuk lebih lengkapnya silahkan kunjungi http://www.webtoons.com/id/notice/detail?noticeNo=118&page=1

Untuk mengirimkan komik ke Webtoon, komikus harus berusia diatas 14 tahun

Kelebihan menerbitkan komik di Webtoon:
  • Nama anda akan terkenal
  • Pendapatan yang didapat relatif besar
  • Anda boleh mengirimkan komik singkat yang bahkan hanya terdapat 4 panel
Sedangkan kekurangannya :
  • Waktu yang diberikan untuk menerbitkan komik per episodenya relatif singkat, yaitu maksimal seminggu sekali
  • Komik hanya berupa komik online dan tidak dibukukan

Ngomik.com meruakan salah satu penerbit komik online di Indonesia. Ngomik.com mendapat penghasilan dari iklan PPC google adsense dan iklan yang ada pada aplikasi Ngomik.com. 

Berbeda dengan penerbit-penerbit komik di atas, menerbitkan komik anda di ngomik.com tidak perlu di seleksi. Di ngomik.com ada 2 kategori komik yaitu free dan premium, sesuai namanya komik yang free bisa dibaca sepuasnya tanpa membayar sepeserpun, sedangkan untuk yang premium pembaca harus membayar terlebih dahulu sebelum membaca (biasanya menggunakan potong pulsa).

Biasanya komikus yang menerbitkan komik di Ngomik.com awalnya hanya membuat komik free, setelah banyak peminat dan sudah cukup terkenal barulah membuat komik premium.

Untuk cara menerbitkan komik di Ngomik.com silahkan baca disini

Tidak ada batasan umur untuk mengirimkan komik ke Ngomik.com
Hasil gambar untuk ngomik.com
Logo ngomik.com

Kelebihan menerbitkan komik di Ngomik.com :
  • Semua komik bisa langsung diterbitkan di Ngomik.com tanpa adanya seleksi 
  • Tidak ada batasan waktu untuk menerbitkan komik disini sehingga anda tidak perlu terburu-buru
Sedangkan kekurangannya :
  • Hasil yang didapat tidak pasti, tergantung hasil penjualan komik anda
  • Komik tidak dibukukan

4. KKPK (Muffin Grapics) dari DAR! Mizan

Siapa yang tidak tahu penerbit DAR! Mizan? Saya rasa semua sudah tahu penerbit anak yang satu ini. Nah, KKPK adalah salah satu produk DAR! Mizan yang cukup terkenal dikalangan anak-anak. KKPK merupakan singkatan dari "Kecil-kecil Punya Karya," Awalnya KKPK hanya menerbitkan novel anak dan kumpulan cerpen, namun sekarang KKPK juga menerbitkan komik anak. Anda dapat menemukan komik/novel KKPK di beberapa toko buku seperti Gramedia, Gunung Agung, Paper Clip, dan toko buku lainnya. 

Penerbit ini sangat saya sarankan untuk anak, karena persaingannya juga tidak begitu ketat.

Untuk mengirim komik anda bisa kirimkan komik one shoot beserta biodata anda ke alamat berikut :

Muffin Graphics
Jalan Cinambo No. 137 Cisaranten Wetan, Ujungberung, Bandung 40294.


Untuk mengirim komik ke KKPK usia komikus harus 8-12 tahun



Kelebihan menerbitkan komik ke Muffin Grapics :
  • Komisi yang didapat relatif besar (tetapi tidak sebesar komikus re:ON atau WebToon)
  • Seperti yang gambar yang anda lihat di atas, komik anda akan dibuatkan cover (buat sendiri juga tidak apa-apa) dan dibukukan tanpa dicampur komik lain
Kekurangannya antara lain :
  • Hanya diperbolehkan untuk anak berusia 8-12 tahun
  • Komik yang diterbitkan merupakan komik langsung tamat, kalaupun ceritanya ingin dilanjutkan komikus harus mengikuti seleksi kembali


Apabila anak anda ingin menerbitkan komik, maka penerbit KKPK/Muffin Grapics-lah penerbit yang paling cocok

5. M&C

Add caption
M&C (dibaca MNC) merupakan singkatan dari Media Nusantara Citra. M&C adalah salah satu divisi usaha dari Kompas Gramedia. M&C sendiri mendapat penghasilan dari hasil penjualan komik yang mereka terbitkan. M&C memiliki divisi usaha sendiri yang khusus untuk menerbitkan komik-komik Indonesia yaitu KOLONI.

logo koloni
Logo Koloni
Anda dapat menemukan komik terbitan M&C di Gramedia dan toko buku lainnya atau bisa juga dibeli di http://mnc-comics.com/

Jujur, saya sendiri tidak tahu banyak tentang penerbit yang satu ini. Untuk tahu lebih banyak silahkan kunjungi situs resminya di http://mnc-comics.com/



Jangan pernah takut untuk menerbitkan komik dan jangan takut ditolak. Pelajari kesalahan-kesalahan anda untuk membuat komik yang lebih baik di kemudian hari. Selain itu sesuaikan juga kemampuan anda dengan penerbit komik.


Tolong di-share ya...