5 Pantai yang Sayang dilewatkan Saat Melintasi Rembang

Rembang yang terletak di bagian paling timur Jawa Tengah, bisa dikatakan sebagai wilayah yang memiliki banyak pantai yang indah. Kota Rembang sendiri terletak persis berbatasan dengan laut Jawa. Jika Anda sedang melakukan perjalanan melewati jalur pantura dari arah Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya, dipastikan akan melewati wilayah kabupaten ini.

Rembang memiliki beberapa pantai yang elok, yang sangat sayang jika dilewatkan begitu saja ketika melintasi daerah ini. Beberapa pantai di Rembang bisa dikatakan masih sangat alami, bersih, belum tercemar dan tentu saja tidak menguras banyak biaya seperti halnya ketika berkunjung ke tempat wisata pantai lainnya yang sudah sangat tersohor.

Ada 5 pantai di Rembang yang sangat layak untuk disinggahi, apalagi jika Anda memiliki predikat sebagai Traveller. Sayang sekali jika melewati tempat-tempat indah ini.

Baiklah, kita mulai dari pantai yang teletak di paling barat lalu menuju ke timur di wilayah Rembang ini.

1. Pantai Dampo Awang.

Pantai ini terletak di tempat yang sangat strategis, karena berlokasi persis di kota Rembang. Begitu Anda mulai memasuki kota Rembang, jika dari arah barat, tidak berapa lama akan Anda jumpai pantai Dampo Awang ini.
pantai dampo awang

Nama Dampo Awang diambil dari salah satu anak buah Laksamana Ceng Ho yang terdampar di Rembang, yang nama aslinya adalah Sam Po Tayjin. Karena penyebutan dalam lidah jawa, terjadi perubahan menjadi Dampo Awang.

Sebelumnya Pantai ini bernama Pantai Kartini, namun karena ada juga nama Pantai Kartini di Kabupaten Jepara, supaya tidak rancu, pemerintah setempat menggantinya dengan nama Dampo Awang. Pantai ini sudah mengalami pengembangan, karena tempatnya yang ada di tengah kota, sehingga cukup mendapat perhatian dari pemerintah setempat. Meskipun demikian kesan alami masih terlihat di pantai yang asri ini.

Beberapa fasilitas pendukung wisata seperti tempat makan, istirahat dan tempat belanja souvenir sudah tersedia di Pantai ini. Pantai ini juga snagat cocok dijadikan sebagai rest area melepas penat selama perjalanan.

2. Pantai Karang Jahe
Nama pantai ini terkesan unik. Meskipun masih tergolong baru, namun pantai ini cukup banyak menarik perhatian para penyuka wisata pantai. Ternyata nama Karang Jahe tidak ada hubungannya dengan nama desa ataupun wilayah tempat pantai tersebut berada. Pantai karangjahe terletak di desa Punjulharjo dan secara administrasi masih masuk ke wilayah kota Rembang.

Pantai Karang Jahe

Nama karang jahe ini diambil dari banyaknya karang di pantai ini yang berbentuk meyerupai jahe. Sehingga nama ini dipilih menjadi nama pantainya. Pantai ini memiliki pasir putih dan bersih serta masih alami, karena belum banyak dikunjungi wisatawan.

3. Pantai Caruban
Ini bukanlah Caruban seperti sebuah nama kecamatan di Kabupaten Madiun. Tapi adalah nama sebuah pantai yang terletak di kecamatan Lasem Kabupaten Rembang. Tepatnya ada di sebelah barat kota Lasem, di dekat terminal bus di kota tersebut.

Pantai ini masih sangat alami karena belum banyak sentuhan pembangunan dari pemerintah setempat. Hanya diperlukan waktu sekitar 5 menit untuk menuju ke lokasi dari arah jalur Pantura yang biasa Anda lewati.

Pantai yang masih perawan ini benar-benar masih bersih sehingga sangat pas sekali jika anda adalah penyuka daerah wisata yang alami. Meski minim petunjuk arah, namun cukup bertanya kepada orang disekitar jalan yang Anda lewati akan mudah menemukan lokasinya.

4. Pantai Binangun
Pantai binangun terletak di desa Bonang yang masih masuk ke wilayah kecamatan Lasem kota Rembang. Anda tidak perlu susah-susah mencari pantai ini. Karena secara otomatis setiap pelintas Pantura akan melewati Pantai Binangun ini. Jadi Anda bisa langsung berhenti menikmati eloknya pemandangan indah di pantai Binangun ini.
Pantai Binangun

Jika saat melintas air laut sedang pasang, akan anda dapati banyak sekali perahu nelayan tradisional yang menyandarkan perahunya di pantai ini. Karena air pasang dari laut ini akan sampai ke pinggir jalur pantura.

Anda juga bisa berhenti di rest area dan restoran untuk memarkirkan kendaraan dan bisa dengan lebih leluasa menikmati keindahan Pantai ini. Pemandangan akan menjadi sangat indah di saat sore hari menjelang matahari tenggelam di pantai Binangun ini.

5. Pantai Jatisari
Pantai ini meskipun kecil, namun memiliki pemandangan yang tidak kalah indah dengan pantai lainnya. Andalan utamanya adalah pemandangan yang masih alami, bersih dan asri. Pantai ini hampir sama dengan Pantai binangun, yaitu terletak tepat di tepi jalur pantura.

Pantai Jatisari Rembang
Jadi dipastikan Anda tidak perlu susah mencarinya. Dari pantai Binangun, hanya diperlukan waktu 5-7 menit perjalanan normal untuk menuju ke pantai ini.

Pemandangan di pantai ini memang sangat indah, selain karena pasir putihnya, pantainya juga memiliki area yang ditumbuhi karang yang cukup indah untuk dinikmati. banyak biota laut kecil yang hidup di karang ini yang bisa kita nikmati keberadaannya.

Jadi, dengan adanya 5 pantai elok, alami nan rupawan tersebut, sayang sekali kalau Anda hanya melintasi Rembang tanpa sempat menikmati keindahan Pantai-pantainya, bahkan dengan biaya yang murah meriah ataupun gratis.

Image source: Google Image