14 Superhero Indonesia yang Wajib Kalian Ketahui

Apakah kalian suka film superhero? Superhero apa yang kalian suka? Apakah Batman, Superman, X-men atau Captain America? Apapun itu pasti superhero favorit kalian pasti cukup kuat, sehingga anda menyukainya.



Tapi jangan salah, Indonesia juga punya superhero yang gak kalah hebat dengan superhero luar. Apa sajakah itu?

1. Gundala Putra Petir


Komik Gundala Putra Petir - Superhero Indonesia
Komik Gundala Putra Petir - Asal-Usul Gundala
Superhero Indonesia yang satu ini adalah tokoh komik buatan Hasmi. Komik Gundala pertama kali muncul pada tahun 1969 dan menjadi inspirasi bagi komikus lain. 

Kekuatan dan penampilannya jelas mendapat pengaruh dari superhero luar, meski begitu alur dan jalan ceritanya sangat bergaya Indonesia. Sebagian besar ceritanya mengambil latar di Yogyakarta dan sebagian lagi mengambil latar di Jakarta.

Kekuatan Gundala adalah dapat mengeluarkan gledek (petir) dari kedua telapak tangannya. Kemampuan itu didapat dari Raja dari Kerajaan Petir yang juga merupakan ayah angkatnya.

Gundala juga pernah di filmkan pada tahun 1982 (kiri) dan kabarnya film terbarunya (kanan) sedang dalam pengerjaan.

Film Gundala Putra PetirFilm Gundala Putra Petir

2. Godam Manusia Besi


Godam adalah tokoh komik buatan seorang komikus bernama Widodo Noor Slamet (Widodo NS). Komik Godam yang pertama bejudul "Memburu Doktor Setan" yang dibuat pada tahun 1969. 

Godam diceritakan sebagai rekan Gundala yang memiliki kekuatan hampir sama seperti Superman, kuat, kebal, dan bisa terbang. Kekuatan super Godam berasal dari pakaian saktinya dan jubah dibelakangnya.

Sampai saat ini terhitung terdapat 15 judul komik Godam, 2 komik terakhirnya berjudul "Tirani Biru di Negri Godam" dan "Setan," keduanya sama-sama dibuat pada tahun 1980.

3. Zantoro

Zantoro Super Hero Indonesia

Sekilas penampilan Zantoro terlihat seperti Villain atau Anti-Hero, tetapi sebenarnya Zantoro merupakan seorang pahlawan super yang sangat benci dengan kejahatan. 

Zantoro merupakan seorang yang ahli dalam memainkan senjata tajam, tidak hanya ahli sebagai pengguna, Zantoro juga ahli membuat senjata. Kemampuan ini diwarisi oleh Ayahnya yang merupakan ahli pembuat pedang.

4. Aquanus

superhero Indoesia - Aquanus

Aquanus merupakan tokoh komik yang dibuat oleh Widodo NS sebelum Godam. Secara bahasa Aquanus di ambil dari kata Aqua dan Dhanus, Aqua berarti air sedangkan Dhanus adalah nama asli dari Aquanus.

Kemampuan Aquanus adalah dapat bernafas di dalam air serta dapat mengeluarkan/memancarkan sinar dengan daya hancur yang sangat tinggi.

Kekuatan bernafas dalam air milik Aquanus sudah ada sejak lahir, karena Aquanus tidak berasal dari Bumi melainkan dari Planet Zyba. Dimana bangsa di planet tersebut dapat hidup di darat dan di laut (manusia amfibi).

5. Volt

pahlawan super indonesia - volt

Volt adalah Superhero asal Indonesia yang komiknya masih di-update hingga sekarang. Kekuatan Volt adalah mampu menyerap energi listrik di sekitarnya lalu mengubahnya menjadi serangan atau menggunakannya untuk bertahan.

Untuk melihat komik Volt anda bisa mengunjungi Skylar Comics Facebook Fanspage dan untuk mengetahui update informasi terbaru dari komik volt anda bisa kunjungi http://www.skylarcomics.net/  (web resmi)

6. Sembrani


Sembrani merupakan salah satu tokoh ciptaan Hasmi. Tokoh sembrani pertamakali muncul dalam serial Gundala 1000 Pendekar (1974). Kekuatan Sembrani adalah dapat menetralisir medan magnet, listrik, bahkan zat beracun. Selain itu Sembrani juga memiliki kempuan untuk terbang yang membuatnya semakin sulit dikalahkan.

Kekuatan Sembrani diperoleh dari kalung yang diberikan oleh proyeksi 3D dari seorang panglima perang yang sudah lama mati.

7. Kalong (Calong)


Kalong
Kalong (Calong)

Kalong adalah salah satu tokoh komik buatan Hasmi. Kalong muncul pertama kali pada Komik Calong Anak Kelelawar (1972). Pahlawan super cilik ini memiliki kemampuan kebal peluru dan senjata tajam, bisa terbang (pastinya), dan dapat berkomunikasi dengan hewan.

Kemampuan kalong berasal dari sebuah benda ajaib yang didapat dari seorang raja bernama Xamfereet yang ditemuinya di ujung Gua.

Baca Juga: Terbitkan Komikmu di 5 Penerbit Komik Indonesia Ini!

8. Caroq

Caroq
Komik Qaroq
Caroq adalah superhero Indonesia ciptaan Ahmad Thoriq. Kemunculan perdana Caroq adalah pada tahun 1996. Nama aslinya adalah Ongko yang bekerja sebagai supir taxi.

Caroq memiliki 2 bilah celurit sakti yang panjang. Caroq merupakan seorang yang ahli dalam beladiri dan memiliki kemampuan sihir untuk membantunya dalam menghadapi musuh-musuhnya. Musuh besarnya adalah Si Bengis dan Si Tangan Empat.

9. Merpati


Merpati merupakan salah satu karakter komik buatan Harya Suryawinata. Merpati pertama kali muncul pada tahun1977. Nama asli merpati adalah Sedhah, diceritakan Merpati adalah Istri dari Gundala sang Putra Petir.

Kekuatan Merpati adalah dapat terbang dan menentukan/mendeteksi arah, Merpati juga diceritakan memiliki kemampuan beladiri yang sangat baik.

Kemampuan Merpati berasal dari ramuan ajaib yang dibuat oleh Ratu Merpati.

10. Pangeran Mlaar

Pangeran Mlaar
Komik Pangeran Mlaar
Seperti halnya Gundala, Sembrani dan Calong, Pangeran Mlaar juga diciptakan oleh Hasyim. Pangeran Mlaar pertama kali muncul pada sebuah serial berjudul Gundala: Perhitungan di Planet Covox (1969). Kekuatan Pangeran Mlaar adalah dapat memelarkan tubuhnya hingga batas-batas tertentu (tubuh elastis).

11. Elang Hitam

Elang Hitam
Identitas asli Elang Hitam adalah seorang pemuda berusia 39 tahun bernama Hendro Petrusno. Elang Hitam bergabung dengan Kepolisian untuk membasmi para penjahat. Dengan kemampuan menembaknya yang sangat akurat dan gerakannya yang gesit dan tak terlihat, Elang Hitam ditakuti para penjahat.

12. Valentine



Valintine salah satu komik dari Skylar Comics (sama dengan Volt.) Valentine pertama kali muncul pada tanggal 25 Juni 2014.

Dalam membasmi penjahat Valentine memanfaatkan kemampuan beladirinya yang sangat hebat, tetapi tidak semuanya berjalan mulus, terkadang valentine harus berlumuran darah dalam menghadapi musuh-musuhnya.

13. Maza

Maza - Superhero Indonesia
Maza adalah salah satu superhero indonesia buatan Hasmi. Maza pertama kali muncul pada tahun 1968. Maza memiliki kekuatan (strength) yang besar dan memiliki 2 buah pisau belati yang dapat mengeluarkan Jin yang akan tunduk pada semua perintah Maza, nama jin tersebut adalah Jin Kartubi.

BONUS: 

14. Super Santai


Super Santai merupakan komik fantasi komedi ciptaan Beny dan Dewe yang dipublikasikan di Webtoon. 

Komik ini menceritakan tentang 5 orang dengan latar belakang berbeda yang diusulkan menjadi pahlawan super oleh Shabi (makhluk planet asing). Komik ini sangat saya rekomendasikan karena sangat keren, kocak, namun masih ada bagian seriusnya.

Beberapa alasan kenapa kalian harus baca Super Santai:

1. Artnya yang sangat keren

2. Monsternya yang kocak; misalnya Xerit, dia adalah Monster T-rex yang bertugas menginjak rumput yang tidak boleh diinjak; lalu Uwarsa Lizard (Kadal-uwarsa) kemampuannya adalah dapat membuat makanan menjadi dingin.(Sejauh ini baru Walter, musuh yang benar2 kuat)

monsterpalbat

3. Ceritanya yang bikin ngakak

Kalian bisa membaca Super Santai di Aplikasi Webtoon atau bisa juga melalui web di  http://www.webtoons.com/id/fantasy/super-santai/list?title_no=543




Tertarik dengan artikel di atas? Gak ada salahnya untuk menge-share artikel ini.