25 Fakta Unik tentang Komodo

lidah komodo
(Diupdate per 24 September 2016)

Komodo (Varanasus Komodoensis) merupakan speises kadal yang juga merupakan salah satu hewan endemik Indonesia. Komodo sendiri dikenal dunia dengan sebutan Komodo Dragon (Naga Komodo). Komodo memiliki habitat asli di Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Artikel mengenai Fisiologi, Anatomi, serta Habitat komodo bisa anda baca lebih lanjut di: Mengenal Lebih Jauh tentang Komodo

Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah 25 Fakta Unik tentang Komodo yang mungkin belum anda ketahui:


1. Komodo merupakan Hewan Purbakala: Komodo sudah ada sejak 25-40 tahun yang lalu dan merupakan kerabat dekat dari Dinosaurus, hal ini dapat dilihat dari kemiripan komodo dengan beberapa fosil Dinosaurus. Komodo sering disebut-sebut sebagai "Dinosaurus Terakhir di Dunia"

2. Komodo Muda Menghabiskan Waktunya di Pohon: Bagi para komodo muda, pohon merupakan tempat bersembunyi yang cukup aman untuk menghindari para predator dan komodo kanibal.
komodo naik pohon

3. Komodo Hanya Makan Sekali dalam Sebulan: Komodo memangsa langsung makanannya (seperti Kijang, Kerbau, dsb) tanpa mengunnyahnya, setelah memakannya komodo dapat beristirahat selama 1 bulan penuh tanpa makan sedikitpun.

Hal yang sama juga dilakukan oleh beberapa jenis ular.

4. Komodo yang Masih Kecil Hanya Memakan Serangga: Anak Komodo belum mampu memakan hewan-hewan yang berukuan besar seperti kijang. Mereka hanya memakan serangga seperti belalang.

5. Matahari Dapat Membantu Mempercepat Proses Pencernaan Komodo: Setelah makan biasanya komodo membawa dirinya untuk mencari sinar matahari yang berfungsi untuk mempercepat proses pencernaannya.


6. Komodo Merupakan Kadal Terbesar di Dunia: Dengan panjang 2 sampai 3 meter komodo merupakan kadal terbesar di dunia.

7. Komodo Jantan dapat Hidup Lebih dari 50 Tahun: Usia tersebut tergolong sangat panjang untuk spesies kadal.

8. Masa Hidup Komodo Betina Hanya 1/2 Masa Hidup Komodo Jantan: Berbeda dengan Komodo jantan yang dapat hidup lebih dari 50 tahun. Komodo betina umumnya hanya hidup hingga usia 31 tahun.

9. Komodo dapat Berkembangbiak tanpa Adanya Pejantan: Saya rasa (mungkin) hanya komodo yang memiliki kemampuan ajaib seperti ini. Dengan kemampuan inilah komodo dapat bertahan dari ancaman kepunahan. Namun perkembangbiakan seperti ini hanya akan menghasilkan komodo jantan.

10. Perbandingan Jumlah Komodo Jantan dengan Komodo Betina adalah 3:1 : Beberapa komodo betina melakukan perkembiakan tanpa adanya pejantan, sehingga komodo yang dihasilkan sudah pasti merupakan komodo jantan.



11. Pada Musim Kawin, 3 Komodo Jantan akan Memperebutkan 1 Komodo Betina: Karena perbedaan populasi pejantan dan betinanya, Komodo jantan harus saling berkelahi untuk mendapatkan 1 komodo betina.

Saat bertarung umumnya komodo hanya berdiri menggunakan kedua kaki belakangnya saja.

Komodo vs Komodo

12. Setelah Kawin Komodo dapat Mengeluarkan 15-30 Butir Telur

13. Hanya Sedikit Anak Komodo yang bisa Bertahan: Tingkat kelahiran komodo bisa mencapai angka 85%, akan tetapi tingkat bertahan hidup anak komodo di alam hanya sekitar 10-15%.

14. Untuk Mengelabuhi Pemangsa, Komodo Membuat 2 Lubang Palsu: Komodo umum nya menggali lubang sedalam 2 meter untuk meletakan telur-telurnya. Untuk menghindari pemangsa, komodo biasanya membuat 2 lubang palsu.



15. Komodo merupakan Binatang Soliter: Beberapa hewan bekerjasama untuk mendapatkan makanan, tapi tidak dengan komodo. Komodo mencari makanannya sendiri dan sering berebut makanan.

16. Lidah Komodo Mirip dengan Lidah Ular: Tidak hanya bentuknya fungsi lidah komodopun juga mirip dengan ular, yaitu dapat mengikuti jejak aroma dengan lidah.

17. Liur Komodo Sangatlah Berbahaya: Air liur komodo merupakan salah satu senjata komodo untuk membunuh mangsanya, di dalam liur komodo terdapat puluhan bakteri yang mematikan.

18. Berlakunya Hukum Rimba: Komodo yang lebih besar biasanya akan makan terlebih dahulu dibanding komodo yang berukuran lebih kecil. Sedangkan komodo yang berukuran sama akan berkelahi terlebih dulu untuk memperebutkan makanannya.

19. Komodo dapat Berlari dengan Kecepatan 20 km/jam: Kecepatan tersebut tergolong cukup cepat untuk seekor reptil.

komodo lari - fakta komodo di masa lalu dan masa depan

20. Komodo Tidak dapat berlari Secara Zig-Zag: Saat komodo mengejar manusia, komodo seharusnya dapat menangkap manusia dengan mudah. Akan tetapi umumnya seseorang yang dikejar komodo mengakalinya dengan berlari secara zig-zag, dengan begitu komodo akan bingung dan menghambat pergerakan komodo.

Fakta Unik tentang Pulau Komodo


21. Pulau Komodo Masuk ke dalam 7 Keajaiban Dunia: Pulau Komodo ditetapkan menjadi salah satu dari 7 keajaiban warisan alam dunia pada tahun 2012 lalu oleh organisasi New Seven Wonders Nature.

22. Habitat Asli Komodo: Pulau Komodo merupakan habitat asli Komodo, ratusan ekor komodo hidup dan berkembangbiak di pulau ini.

23. Memiliki "Pink Beach": Pulau Komodo memiliki garis pantai yang sangat indah, selain berpasir putih ada juga sebuah pantai yang memiliki pasir berwarna pink (merah muda). Di planet ini hanya ditemukan 7 Pink Beach.

Pantai pink pulau komodo

24. Memiliki Perairan Laut yang Dingin sekaligus Panas: Pulau Komodo merupakan tempat pertemuan aliran air dari selatan yang dingin dan air dari utara yang hangat.

25. Memiliki Ekosistem Laut yang Kaya: Perairan laut di Pulau Komodo memiliki 1.000 spesies ikan, 253 spesies terumbu karang, 70 spesies sponge laut, serta14 spesies paus.



Tertarik dengan artikel di atas? Gak ada salahnya untuk menge-share artikel ini.