Fakta Unik dan Menarik Tentang Jakarta

Jakarta merupakan ibukota Indonesia yang penduduknya sekitar 12 juta jiwa. Dengan Beragam suku bangsa, RAS, dan Agama yang ada di kota tercinta ini membuat jakarta mempunyai keunikan sendiri dibandingkan dengan kota-kota lainnya. Mau Tau Hal unik dan Menarik Mengenai Jakarta? Berikut Ulasannya, Cekidot.

Fakta Unik dan Menarik Tentang Jakarta

Maskot Jakarta Elang Bondol dan Salak Condet Bukan Monas

Meskipun identik dengan Monas, ternyata maskot Jakarta adalah elang bondol dan salak condet. Maskot ini tergambar di badan bus Transjakarta yang berwarna oranye. Penetapan maskot tersebut dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin melalui Surat Keputusan Gubernur No. 1796 Tahun 1989. Pemilihan elang bondol sebagai maskot karena burung ini menjadikan Jakarta sebagai tempat peristirahatan sebelum terbang menuju Australia, India, Cina Selatan, dan Filipina. Sementara, salak condet merupakan buah asli Jakarta yang tumbuh di kawasan Condet, Jakarta Timur.


Jakarta Kota Termacet Nomor 11 di Dunia dan Nomor 2 di Indonesia

Waze, sebuah aplikasi penunjuk jalan atau navigasi, mengeluarkan data bahwa Jakarta berada di urutan ke-11 dalam daftar kota termacet di dunia setelah Bogota, Guatemala dan Manila. Laporan Waze, berjudul 'Driver Satisfaction Index' ini merujuk pada pengalaman berkendara dari 50 juta pengguna Waze di 32 negara dan 167 area perkotaan. Laporan ini dirilis pada tahun 2015. Sementara, data Kementerian Perhubungan yang dirilis pada tahun yang sama, kemacetan Jakarta berada di urutan ke-2 setelah Bogor.

Dari 17 Gubernur Hanya 2 yang Lahir di Jakarta

Jakarta telah berumur 489 tahun. Tercatat 17 gubernur pernah memimpin kota ini. Namun dari jumlah tersebut hanya dua orang yang lahir di Jakarta. Mereka adalah Soerjadi Soedira dan Fauzi Bowo. Soerjadi lahir di Batavia, 11 Oktober 1938. Soerjadi Soedirdja menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta periode 1992-1997. Sedangkan, Fauzi Bowo lahir di Jakarta, 10 April 1948 menjabat sebagai Gubernur DKI sejak 7 Oktober 2007 hingga 7 Oktober 2012.

Jakarta Kota dengan Mall Terbanyak di Dunia

Seiring dengan perkembangan kota yang semakin pesat, Jakarta terus mengalami perubahan. Dikutip dari infomarkets8, tercatat hingga Juli 2015 lebih dari 160 pusat perbelanjaan berdiri di area Jakarta. Angka yang cukup fantastis untuk negara yang masih berkembang. Julukan 'The City of Malls' pun disematkan kepada kota ini.

Jakarta Dikelilingi 13 sungai

Memiliki luas sekitar 664 kilometer persegi, Jakarta dikelilingi 13 sungai. Sungai-sungai tersebut adalah Sungai Ciliwung, Angke, Pesanggrahan, Krukut, Grogol, Baru Barat, Baru Timur, Cipinang, Sunter, Buaran, Jati Kramat, Cakung dan Malang.

Jakarta Kota dengan Jumlah Penduduk Terpadat di Indonesia

Berpenduduk sekitar 9 juta lebih menjadikan Jakarta sebagai kota dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia. Apalagi perannya sebagai pusat pemerintahan dan pusat bisnis semakin membuat orang tergiur untuk datang mengadu nasib di Ibu Kota.

Jakarta Berganti Nama 13 Kali

Jakarta berawal dari sebuah pelabuhan kecil bernama Sunda Kalapa di muara Sungai Ciliwung. Namun seiring perkembangan pemerintahan, nama itu terus berubah menjadi Jayakarta, Stad Batavia, Gemeente Batavia, Stad Gemeente Batavia, Jakarta Toko Betsu Shi, Pemerintah Nasional Kota Jakarta, Stad Gemeente Batavia, Kota Praja Jakarta, Kota Djakarta Raya, Pemerintah Daerah Khusus Ibukota Jakarta Raya, Jakarta dan yang terakhir DKI Jakarta.

Nah itu dia Ulasan mengenai Fakta Unik dan Menarik Tentang Jakarta, Semoga Bermanfaat.