Film Ini Cocok Ditonton Buat yang Hobi Tekhnologi dan Komputer

Kamu anak komputer yang sedang bosan belajar dan ngoding? Itu berarti sekarang adalah waktunya kamu beristirahat sejenak dan menonton beberapa film. Kamu tidak perlu merasa bersalah menghabiskan waktu bersantai, karena film-film ini sangat direkomendasikan.

Nah, ini dia 13 film wajib tonton untuk mahasiswa Ilmu Komputer!

The Fifth Estate, Film Tentang Dunia Cybercrime

Film The Fifth Estate Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Film ini terinspirasi oleh kisah nyata dari pendiri Wikileaks, Julian Assange (Benedict Cumberbatch), dan Daniel Domscheit-Berg (Daniel Bruhl) yang membuat sebuah platform bagi para whistleblowers untuk membocorkan data-data rahasia korporat dan pemerintahan. Dari film ini, kamu bisa belajar mengenai isu-isu cybersecurity dan cybercrime yang terjadi di era sekarang.

The Social Network, Film Asal-usul Berdirinya Facebook

Film The Social Network Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

You don’t get to 500 million friends without making a few enemies adalah tagline dari film yang menceritakan asal-usul berdirinya Facebook. Lewat film ini kamu bisa menyaksikan bagaimana Mark Zuckerberg yang saat itu masih seorang mahasiswa di Universitas Harvard, pertama kali mendirikan Facebook, dan harus menghadapi konflik dengan teman-teman dekatnya dalam membesarkan media sosial ini.

Eagle Eye, Saat Keseharianmu Dikendalikan oleh Komputer

Film Eagle Eye Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Film action-thriller yang dibintangi Shia LaBeouf ini menceritakan tentang dua orang asing (Jerry dan Rachel) yang dipertemukan oleh panggilan telepon misterius dari perempuan tak dikenal. Perempuan itu, atau the eagle eye, mengendalikan keseharian Rachel dan Jerry menggunakan teknologi surveillance and computer network.

The Matrix, Saat Manusia Diperbudak Kecerdasan Buatan

Film The Matrix Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

The Matrix merupakan film bergenre fiksi ilmiah yang menceritakan tentang Neo (Keanu Reeves). Neo mencari cara untuk membebaskan manusia dari perbudakan artificial intelligence. Sebagai software engineer, kamu dapat belajar tentang bentuk teknologi pasca modern dan hubungannya dengan manusia. Kombinasi dari visual dan storyline yang original adalah keunikan dari film ini.

Her, Penulis yang Jatuh Cinta dengan Sebuah Sistem Operasi

Film Her Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Berbeda dengan The Matrix, film Her menceritakan tentang realita seorang penulis duda, Theodore (Joaquin Phoenix), di kehidupan modern yang membangun hubungan emosional dengan Samantha, operating system yang ia beli. Her akan membahas tentang ketergantungan manusia terhadap teknologi dan sampai mana kapabilitasnya untuk menggantikan human relationships.

Tron, Engineer yang Terjebak dalam Programnya Sendiri

Film Tron Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Film yang dibuat oleh Walt Disney pada tahun 1982 ini selain mendapat feedback yang sangat positif dari alur ceritanya, juga mengangkat tema teknologi dengan kecanggihan tinggi dari masanya. Tron menceritakan tentang software designer dan computer hacker yang terjebak dalam programnya sendiri serta menghilang sehingga tak dapat kembali ke dunia nyata. Aspek teknologi dan virtual reality adalah fokus dari film ini yang bisa kamu pelajari sebagai software engineer.


Skyfall, Film James Bond dengan Teknologi Mutakhir

Film Skyfall Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Skyfall merupakan film ke-23 dari rangkaian film James Bond. Film-film James Bond dikenal selalu menggunakan teknologi secret agent yang jauh lebih maju dari masanya, mulai dari gadget, senjata, sampai kendaraan. Tak hanya itu, film Skyfall juga menarik massa karena suksesnya menggabungkan aspek action, teknologi dan politik internasional.

Pirates of Silicon Valley, Komedi-Dokumenter tentang Apple dan Microsoft

Film Pirates of Silicon Valley Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Sebagai software engineer, tentunya kamu sudah pernah mendengar Apple Computer Corporation dan Microsoft Inc. Pirates of Silicon Valley adalah film komedi-dokumenter yang menceritakan tentang bagaimana awalnya kedua perusahaan tersebut terbentuk, mulai dari kehidupan founders saat kuliah, sampai saat perusahaan mereka telah menjadi corporate empire di dunia.


Citizenfour, Keberanian Para Whistleblower

Film Citizenfour Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Citizenfour adalah film dokumenter tentang Edward Snowden dan skandal mata-mata NSA. Setelah mendapatkan encrypted data dan informasi tentang surveillance program pemerintahan dari pengirim yang tak dikenal, Laura Poitras dan reporter Guardian Glenn Greenwald berpergian ke Hong Kong untuk menemui sang whistleblower, Edward Snowden. Film ini menceritakan tentang bagaimana ketiganya berusaha menyebarkan informasi yang didapat, serta perjuangan mereka melindungi diri sendiri dan keluarga.

Source Code, Aksi Menghentikan Bom dalam delapan Menit

Film Source Code, Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Source Code menceritakan tentang seorang tentara yang terjebak dalam tubuh orang lain sebagai program eksperimen pemerintah untuk menghentikan peristiwa bom dalam kereta. Film ini cocok untuk kamu yang suka menonton genre fiksi ilmiah, thriller dan time travel.

The Internship, Kisah Magang di Google

Film The Internship Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Film yang menceritakan tentang kehidupan internship atau magang di Google ini mendapat kritik yang baik dari real interns perusahaan teknologi itu sendiri. Jika kamu bermimpi untuk bekerja di Google, kamu bisa mencoba menonton film ini. Menurut para anak magang di Google, The Internship secara akurat menggambarkan lingkungan dan budaya korporat Google.

The Imitation Game, Tentang Komputer Pertama yang Mempersingkat Perang

Film The Imitation Game Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

‘Sometimes it’s the very people who no one imagines anything of who do the things no one can imagine.’

Terinspirasi oleh kisah nyata, film ini menceritakan tentang perjuangan Alan Turing dan timnya untuk membuat komputer yang pertama di dunia. Film ini wajib ditonton untuk mengetahui latar belakang terbuatnya komputer yang dapat melacak German Enigma code. Pada zaman itu, komputer membantu Inggris melawan War for the Allies dan menyelamatkan 14 juta nyawa, sekaligus mempersingkat perang selama dua tahun.

Steve Jobs, Biografi Pendiri Apple

Film Steve Jobs Cocok Ditonton Buat yang Hobi Teknologi dan Komputer

Film ini merupakan film biografi yang menceritakan tentang the legendary Steve Jobs. Film produksi 2015 ini bisa jadi inspirasi untuk kamu sebagai software engineer tentang creative entrepreneurship dari Steve Jobs dan komitmen tinggi dia untuk tetap mengeksekusi visinya di perusahaan yang ia bangun.

Nah, itu dia deretan  Film paling Cocok Ditonton Buat yang Hobi Tekhnologi dan Komputer, Silahkan pilih dan segera tonton deh.