Kegunaan dan Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan

Lada Hitam yang biasa digunakan sebagai bumbu penyedap, Ternyata mempunyai Kegunaan dan Manfaat untuk Melawan Kuman Penyakit. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan menjadi pedas ini telah dikenal sebagai obat-obatan sejak jaman dahulu kala.

Kegunaan dan Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan

Manfaat lada hitam membuat makanan terasa lebih pedas berkat kandungan piperin di dalamnya. Senyawa ini memiliki karakteristik yang hampir sama dengan capcaisin yang bisa kita peroleh dari cabai. Banyaknya penikmat rempah-rempah yang menyukai manfaat lada hitam yang satu ini menjadikannya sebagai komoditas yang sudah mendunia.


Kegunaan dan Manfaat Lada Hitam untuk Kesehatan

Beberapa manfaat di bawah ini kemungkinan akan kamu dapatkan berkat mengonsumsi lada hitam.

Bertindak sebagai anti peradangan

Salah satu potensi lada hitam bagi kesehatan adalah sebagai antiradang. Penelitian menunjukkan bahwa piperin di dalam lada hitam kemungkinan efektif sebagai antiradang pada proses inflamasi akut tahap awal.

Mengatur gula darah

Minyak lada hitam kemungkinan bisa digunakan untuk mengelola dan mencegah diabetes tipe 2 dan hipertensi. Hal ini berdasarkan sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2013 yang menyatakan bahwa minyak lada hitam dapat mencegah dua enzim pemecah pati menjadi glukosa secara alami. Kemampuan ini penting bagi penderita diabetes tipe 2 dan hipertensi karena kemungkinan dapat membantu pengaturan kadar gula darah dan menunda penyerapan glukosa.

Mengatasi kesulitan menelan pada manula

Kesulitan menelan makanan pada para manula sering menimbulkan masalah serius, misalnya pneumonia. Beruntung, studi menunjukkan bahwa aroma yang dihasilkan minyak lada hitam dapat merangsang refleks tubuh untuk menelan makanan. Hal ini merupakan kabar gembira bagi para manula yang mengalami kesulitan menelan, seperti pasien pascastroke. Caranya sangat mudah, yaitu dengan menghirup aroma alami yang dihasilkan dari minyak lada hitam cukup untuk membantu merangsang refleks otot menelan.

Mampu membunuh bakteri coli dan infeksi Stafilokokus

Manfaat lada hitam melalui minyak yang dihasilkannya juga kemungkinan mampu digunakan untuk membunuh bakteri E. coli dan Stafilokokus. Hal ini memungkinkan jika mengingat lada hitam memiliki potensi sebagai antibakteri. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa minyak lada hitam dapat membantu memerangi E. coli, bakteri yang dapat menyebabkan infeksi melalui makanan yang terkontaminasi. Selain itu, minyak lada hitam bisa membantu melawan infeksi yang dihasilkan bakteri Stafilokokus yang biasanya berupa bisul di kulit.

Membantu mengendalikan tumor dan kanker

Studi terhadap binatang menunjukkan bahwa lada hitam dapat membantu upaya untuk mencegah serta mengendalikan perkembangan tumor, sebagaimana dikutip sebuah tinjauan medis. Penelitian lain juga menyebutkan bahwa piperin juga berpotensi mencegah perkembangan kanker payudara. Namun sejauh ini untuk fungsi serupa pada manusia, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk membuktikannya.

Mengingat potensi kegunaan dan manfaat lada hitam teramat banyak bagi kesehatan, sudah semestinya kita tidak terlalu anti terhadap bahan penyedap makanan yang satu ini. Mulai sekarang, jadikanlah sajian makanan di rumah terasa makin nikmat dan sehat dengan lada hitam.