Makanan Sehat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Daya Tahan Tubuh yang kuat dapat menghindari Anda dari berbagai penyakit. Untuk itu Anda harus memiliki cara meningkatkan daya tahan tubuh yang sesuai, terlebih lagi di cuaca yang tidak menentu seperti sekarang ini.

Makanan Sehat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Pada dasarnya, tubuh Anda memiliki sistem imun untuk melawan mikroorganisme yang dapat menimbulkan penyakit dan menurunkan daya tahan tubuh. Meski begitu, bukan berarti sistem imun ini tidak bisa gagal dalam menjaga kesehatan Anda. Terkadang, kuman bisa membuat Anda sakit.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga Anda dapat menghindari apa saja yang membahayakan sistem kekebalan tubuh.

Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Cara meningkatkan daya tahan tubuh sebenarnya adalah hal yang mudah. Asalkan, Anda disiplin terhadap diri sendiri ditambah mengonsumsi beragam makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh seperti di bawah ini:

Makanan Sehat : Brokoli

Sayang rasanya jika Anda tidak memasukkan brokoli ke dalam menu harian. Bagaimana tidak? Brokoli merupakan salah satu makanan yang kaya akan mineral dan vitamin. Sebut saja antidioksidan, vitamin E, A, dan C, semuanya ada di dalam brokoli. Untuk mengolahnya pun Anda tidak perlu takut rumit. Cukup rebus sebentar, lalu santap selagi hangat. Nikmat!
Bayam
Mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya, bahwa ternyata sayuran yang berwarna hijau segar ini juga kaya akan vitamin C. Bahkan, bayam juga mengandung beta karoten dan antioksidan. Dengan kandungan ini, bayam dapat membantu tubuh Anda dalam meningkatkan kemampuan sistem imun tubuh untuk melawan infeksi.

Makanan Sehat : Jeruk

Berwarna oranye dan menyegarkan, jeruk termasuk terkenal dengan kandungan vitamin C di dalamnya. Vitamin C diperlukan tubuh untuk meningkatkan sel darah putih di dalam diri yang dapat berguna dalam melawan beragam infeksi. Tidak perlu terlalu bingung dalam memilih jeruk, karena hampir semua jenis jeruk memang kaya akan vitamin C.

Makanan Sehat : Paprika merah

Mungkin Anda akan kaget mengetahuinya. Jika dibandingkan dengan jeruk yang terkenal dengan vitamin C-nya, paprika merah ternyata justru memiliki vitamin C dua kali lipat. Wow! Bahkan paprika merah juga kaya akan beta karoten. Kandungannya inilah yang membuat buah ini tidak hanya dapat meningkatkan daya tubuh, tapi juga menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.

Selain beberapa jenis makanan di atas, cara meningkatkan daya tahan tubuh lainnya dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan lain seperti kacang almond, jahe, bawang putih, kunyit, teh hijau, dan yogurt. Ingatlah untuk tidak mengolah sayur seperti bayam dan brokoli dalam waktu yang lama. Cukup rebus sebentar untuk tetap menjaga nutrisi di dalamnya.


Jaga Daya Tahan Tubuh dengan gaya hidup sehat

Cara meningkatkan daya tahan tubuh lainnya adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Karena bagaimanapun, gaya hidup Anda dapat memengaruhi kekuatan daya tahan dalam melindungi tubuh Anda dari beragam penyakit.

Hindari beberapa hal seperti kurang tidur, tidak rajin berolahraga, merokok, dan minum minuman beralkohol. Dan lakukan beberapa hal seperti menjaga tekanan darah, menjaga berat badan tetap sehat, serta cukup beristirahat.

Selain beberapa hal tersebut, penting bagi Anda untuk menjaga kestabilan emosi dan terhindar dari stres. Pasalnya, stres juga dapat memengaruhi daya tahan tubuh dan dapat membuat Anda menjadi rentan sakit. Hal ini karena pada saat Anda stres, hormon stres akan meningkat di dalam tubuh dan menekan sistem imun Anda.

Atasi masalah stres Anda melalui interaksi dengan orang lain, serta melakukan konsultasi guna membuat Anda merasa lebih lega. Hal ini dirasa perlu, karena pada saat stres, sesungguhnya Anda akan membutuhkan orang lain untuk bertukar pikiran atau sekadar mengeluarkan keluh kesah. Anda juga bisa menjadikan meditasi sebagai salah satu cara untuk mengurangi kadar stres dalam diri Anda.

Sayangi diri Anda dengan mempraktikkan beberapa cara meningkatkan daya tahan tubuh seperti di atas. Ingatlah untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk daya tahan tubuh Anda, agar tubuh lebih terbantu dengan asupan tersebut. Jangan lupa, olahraga setidaknya seminggu tiga kali bisa meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh.