Tips Aman Meninggalkan Rumah disaat Mudik

Lebaran merupakan hari kemenangan bagi umat muslim. Lebaran juga sering dijadikan ajang silahturahim, untuk bertemu sanak keluarga di kampung halaman. Bagi Anda yang biasa mudik ke kampung halaman dan harus meninggalkan rumah dalam keadaan kosong, tentunya harus ekstra waspada. Membiarkan rumah dalam keadaan kosong, apalagi untuk waktu yang agak lama, pastilah tidak mengenakkan karena akan kepikiran aman atau tidak?

Nah, agar tenang meninggalkan rumah saat mudik, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips berikut ini. Cekidot.

Titip kepada Keluarga Lainnya atau Tetangga Dekat

Tips Aman Meninggalkan Rumah disaat Mudik

Jika rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong disarankan untuk memberi tahu sekaligus menitipkan rumah tersebut kepada keluarga atau tetangga dekat. Dengan menitipkan kepada keluarga sendiri yang kebetulan tidak mudik akan jauh lebih tenang, karena bisa diminta sewaktu-waktu untuk mengontrol rumah. Syukur jika ada keluarga kita yang mau menunggu sampai kita kembali pulang. Tetangga dekat dapat dimintakan tolong untuk sekadar mengawasi dari luar rumah.

Kunci Semua Akses Masuk Rumah

Tips Aman Meninggalkan Rumah disaat Mudik

Mengunci pintu, itu sudah pasti. Tapi jangan lupa memperhatikan setiap sudut rumah, pintu, jendela, serta pagar. Jika perlu tambahkan kunci pengaman. Tutup dan kunci seluruh akses masuk ke rumah. Pastikan pula kunci asli berada dalam genggaman Anda. Jika ada keluarga lain yang bisa dimintakan tolong untuk menjaga rumah, sebaiknya berikan kunci cadangan agar jika sewaktu-waktu ingin mengontrol dapat dengan mudah masuk rumah.

Matikan Seluruh Aliran Listrik

Tips Aman Meninggalkan Rumah disaat Mudik

Matikan semua aliran listrik dan pastikan tidak ada kabel yang terhubung dengan stop kontak, apakah itu lampu, komputer, kulkas, pompa air, AC, atau televisi. Lampu di bagian luar atau teras sebaiknya tetap dalam keadaan menyala agar tidak ada yang mencurigai bahwa semua penghuni rumah sedang pergi. Atau jika ingin lampu hanya menyala pada saat malam hari saja, bisa gunakan lampu yang memiliki sensor otomatis.

Simpan Barang Berharga di Tempat Aman

Tips Aman Meninggalkan Rumah disaat Mudik

Terkadang kita dihantui perasaan bimbang saat harus menentukan pilihan membawa barang berharga saat mudik atau ditinggal di rumah saja? Keduanya sama-sama memiliki risiko. Namun pilihlah risiko paling kecil yakni dengan tetap meninggalkannya di rumah. Simpanlah di tempat yang menurut Anda benar-benar aman. Atau, jika Anda masih waswas bisa juga dititipkan di bank atau pegadaian. Memindahkan sementara ke rumah saudara yang tak mudik juga bisa dilakukan untuk menjaga keamanannya. Seandainya memelihara binatang, mereka juga harus dititipkan agar tetap terurus, entah ke tetangga, saudara, atau pet shop.

Tinggalkan Rumah dalam Keadaan Bersih

Tips Aman Meninggalkan Rumah disaat Mudik

Karena Anda akan mudik untuk waktu yang cukup panjang, sebaiknya bersihkan rumah sebelum ditinggal pergi. Buanglah semua sampah yang ada di rumah untuk mencegah hadirnya “tamu” tak diundang yakni binatang. Cuci semua peralatan dapur serta baju kotor yang menumpuk untuk menghindari bau tak sedap. Pangkas juga rumput di halaman agar tak tumbuh panjang dan membuat rumah seolah tak terurus.

Semoga bermanfaat. Selamat mudik.