Tips Cara Alami Penumbuh Rambut Yang Harus Kamu Coba

Rambut yang sehat dan lebat merupakan dambaan semua orang. Jika rambut kamu tipis, rontok, atau mulai muncul tanda-tanda kebotakan di kepala, berbagai tips penumbuh rambut alami ini mungkin dapat meringankan derita yang kamu alami. Mau tau seperti Apa ulasan mengenai Tips Alami Penumbuh Rambut, Cekidot.

Tips Cara Alami Penumbuh Rambut Yang Harus Kamu Coba

Siapa yang tidak mencelos hatinya ketika melihat ada banyak rambut tertinggal di sisir, lantai, atau kamar mandi. Rambut rontok bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti stres, terserang penyakit, sedang mengonsumsi obat atau menjalani pengobatan, usia, keturunan atau genetik, perawatan tidak ramah rambut, perubahan hormon, hingga tubuh tidak cukup mendapat nutrisi. Rambut rontok memang normal dialami oleh setiap orang. Bahkan setiap hari, normalnya hingga 100 helai rambut akan rontok dari kepala kamu. Namun, jika jumlah rambut rontok sudah melebihi angka tersebut, mungkin sudah saatnya kamu melakukan langkah-langkah pencegahan atau pengobatan dengan penumbuh rambut alami ini.

Cegah Rambut Rontok dengan Mengkonsumsi Zat besi

Rambut rontok bisa terjadi jika kamu tidak cukup mengonsumsi zat besi. Mencegah rambut rontok agar kepala tidak botak bisa dicegah dengan meningkatkan jumlah zat besi dalam penganan kamu. Zat besi penumbuh rambut alami bisa didapat dengan mengonsumsi kerang, tiram, jeroan, sereal yang diperkaya zat besi, biji-bijian, kacang-kacangan, biji labu, sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, gandum utuh, dan lain sebagainya. Namun, jangan terlalu berlebihan mengonsumsi zat besi karena bisa menimbulkan susah buang air besar, sakit perut, mual, dan muntah. Cukup 14,8 mg/hari untuk wanita dan 8,7 mg/hari untuk pria.

Bantu Pertumbuhan Rambut dengan Konsumsi Makanan yang Berprotein

Protein diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan rambut dan membuat rambut menjadi sehat. Tidak cukupnya asupan protein bisa mengganggu siklus hidup rambut dan membuatnya rontok dalam waktu dua sampai tiga bulan. Protein penumbuh rambut alami bisa didapat dari telur, kacang-kacangan, ikan atau makanan laut lainnya, daging putih, susu, keju, yogurt, kacang kedelai, daging sapi tanpa lemak, dan masih banyak lagi.

Jaga Kesehatan Rambut dengan Konsumsi Makanan yang Mengandung Biotin

Biotin sangat penting untuk kesehatan rambut. Cukup mengonsumsi 30 mikrogram biotin per hari diduga dapat mencegah kerontokan dan kerapuhan rambut. Namun, klaim tersebut masih membutuhkan bukti dan penelitian lebih lanjut. Biotin bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi telur, keju, yogurt, ayam, hati, ginjal, kacang-kacangan, gandum utuh, kembang kol, pisang, dan jamur.

Konsumsi Kayu manis untuk Bantu Menumbuhkan Rambut

Kayu manis membantu memperlancar sirkulasi atau aliran darah. Akibatnya, oksigen dan nutrisi dapat dengan mudah dibawa menuju folikel rambut. Rempah penumbuh rambut alami ini bisa dikonsumsi dengan cara ditaburkan ke dalam oatmeal, roti panggang, dan kopi kamu.

Gunakan Minyak Alami Sebagai Penumbuh Rambut

Sejak berabad-abad lalu, minyak esensial telah digunakan untuk pengobatan dan kosmetik. Minyak cedarwood (aras), clary sage, jojoba, dan rosemary (rosmarin) bisa kamu gunakan untuk merangsang kulit kepala dan akar rambut, meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala, dan sebagai penumbuh rambut alami.

Jika kamu sudah mencoba berbagai cara penumbuh rambut alami di atas tapi hasilnya nihil, disarankan menemui dokter ahli untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang tepat.