Film-film ini Dibuat Berdasarkan Mitos

Mitos Film Indonesia

Sekian banyaknya film yang kalian lihat pasti pada pembuatannya akan terinspirasi dari manapun, termasuk berasal dari legenda atau misteri mitos yang beredar di masyarakat. Dalam artikel kali ini kami akan memberikan info tentang sejumlah film yang didalam pembuatannya memiliki hubungan dengan mitos.

Film pertama, berjudul Nyi Blorong. Film tersebut dirilis ditahun 1983, dengan pemain utama bernama Suzana. Filmnya menceritakan tentang kecantikan dari paras Nyi Blorong, yang merupakan anak Nyi Roro Kidul. Karena kecantikannya itulah menjadikan banyak raja serta pangeran yang saling berebut untuk mendapatkannya. Perebutan terakhir dilakukan oleh Pangeran Tejo Arum dan Prabu Dewata Cengkar. Atas restu dari Nyi Roro Kidul, akhirnya pun Nyi Blorong menikah bersmama Pangeran Tejo Arum.

Film kedua, ada Ratu Laut Kidul. Dahulu film ini diproduksi tahun 1991 yang dibintangi juga oleh Suzana serta Clift Sangra yang merupakan suaminya sendiri. Film yang berdasarkan misteri ini menceritakan tentang misteri dari Ratu Kidul yang merupakan penguasa dari Pantai Selatan. Filmnya menceritakan perebutan tahta sebagai Lurah. Karena sudah kehabisan akal dalam berebut, akhirnya dukun pun digunakan untuk membantu dalam memperebutkan. Salah satu lawan pun kalah dan tersingkit ke hutan karena mengalami cacat tubuh karena terkena ilmu hitam. Namun akhirnya Clift Sangra datang untuk menyelamatkan lawan tersebut.

Film ketiga, yakni Ratu Buaya Putih. Film ini lagi lagi dibintangi oleh ratu horror Indonesia, Suzana. Filmnya menceritakan adanya persaingan pawing buaya dan memperebutkan jimat yang dimiliki oleh Ratu Buaya Putih. Konon katanya jimat tersebut bisa menjadikan pawing buaya menundukkan buaya yang sangat ganas sekalipun. Jimat akhirnya memang berhasil diambil oleh perebutnya, namun terkena kutukan oleh pemilik aslinya, yaitu keturunan akan mati terus menerus.

Film yang selanjutnya, berjudul Kraithong. Kali ini filmnya datang dari negara Thailand. Filmnya menceritakan sebuah legenda yang ada didesa utara Thailand. Film ini menceritakan bahwa ada banyak sekali masyarakat yang terkena serangan buaya. Dan setelah diselidiki, ternyata buaya tersebut merupakan silumah yang bernama Chalawan. Adanya hal tersebut tentu menjadikan penduduk setempat merasa resah. Akhirnya kepada desa memutuskan untuk mengadakan sayembara agar buaya tersebut dapat terbunuh. Hadiah yang akan diberikan untuk siapa saja yang berhasil membutuh berupa kedua puterinya serta setengah dari hartanya. Sayembara tersebut pun mendatangkan Kraithong. Inti dari film ini menceritakan semua usaha yang dilakukan oleh Kraithong dalam membunuh silumat buaya itu.

Dan untuk film terakhir ada Hantu Jembatan Ancol. Film berdasarkan misteri jaman dahulu ini dirilis tahun 2008. Isi dari film tersebut memang terinsiprasi secara nyata dari cerita Si Manis yang merupakan penunggu Jembatan Ancol. Ceritanya, mahasiswa yang bernama Niko membunuh selingkuhannya yang bernama Livi di Jembatan Ancol.