Ini Dia Kondisi Yang Harus Segera Ditangani Di UGD

UGD atau biasa disebutdengan Unit gawat darurat  merupakan salah satu bagian atau departemen di rumah sakit yang khusus menangani pasien dengan kondisi yang mengancam nyawa.

Ini Dia Kondisi Yang Harus Segera Ditangani Di UGD

Beberapa jenis pasien yang dirawat di UGD umumnya adalah pasien kecelakaan, dan pasien dengan penyakit akut yang mengancam nyawa, atau keadaan darurat yang memerlukan perawatan segera. UGD menyediakan perawatan dan pengobatan darurat untuk penanganan awal.


Kondisi Yang Wajib Ditangani Di UGD

Sebagian orang tidak benar-benar tahu apa sajakah kondisi yang bisa atau harus ditangani di UGD.  Berikut ini adalah beberapa kondisi yang harus segera mendapatkan penanganan khusus di UGD.

Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan kondisi di mana salah satu pembuluh darah arteri jantung mengalami penyumbatan. Serangan jantung terkadang menunjukkan gejala seperti sesak napas tiba-tiba, dada terasa seperti ditekan, dan terasa penuh.

Rasa nyeri pada dada juga bisa timbul dan dapat menyebar ke bagian lain seperti pundak, kedua lengan, punggung, perut, bahkan rahang bawah. Ini merupakan kondisi yang cukup darurat, sehingga membutuhkan penanganan yang cepat, dan perlu segera dibawa ke UGD.

Berdasarkan kondisinya, pasien serangan jantung terkadang menjadi pasien yang lebih diprioritaskan. Setibanya di UGD, jika pasien belum diberikan aspirin selama di perjalanan dan tidak memiliki kontraindikasi, akan langsung diberikan.

Pasien juga akan diberikan obat gliseril trinitrat di bawah lidah, bantuan oksigen untuk pernapasan, lalu mendapatkan pemeriksaan EKG lebih cepat. Untuk mengatasi rasa sakit pasien juga akan diberikan morfin atau diamorfin.


Trauma Fisik Akibat Kecelakaan

Selain serangan jantung, kecelakaan yang menyebabkan banyak luka atau trauma fisik juga merupakan kondisi yang diutamakan oleh UGD. Tingkat harapan pasien untuk dapat bertahan biasanya dapat meningkat jika setidaknya dalam satu jam setelah kecelakaan, pasien dapat segera ditangani.

Kondisi kecelakaan ini biasanya ditangani oleh tim khusus kecelakaan. Penanganan langsung dimulai dari mengembalikan fungsi-fungsi vital, melakukan pemeriksaan dengan menggunakan X-ray, hingga operasi kecil.

Henti Jantung

Berbeda dengan serangan jantung, henti jantung adalah kondisi di mana fungsi jantung pasien berhenti secara tiba-tiba. Sehingga membuat pasien hilang kesadaran dan sulit bernapas.

Hal ini terjadi ketika secara tiba-tiba muncul gangguan listrik di jantung yang berakibat terhentinya proses pemompaan jantung dan pengaliran darah ke seluruh tubuh. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa menyebabkan kematian.

Pasien harus ditangani dengan segera di UGD. Pasien biasanya akan diberikan pengobatan dasar untuk dapat bertahan hidup.  Untuk pertolongan pertama jika ada orang di sekitar mengalami gagal jantung, Anda bisa menjalankan prosedur resusitasi jantung paru (CPR), penanganan dengan defibrilator, kompresi atau tekanan pada dada hingga tim gawat darurat tiba.

Penyakit Paru Obstruktif Kronis atau PPOK dan Asma

Mungkin Anda tidak terpikirkan sebelumnya bahwa asma dapat menjadi salah satu penyakit yang harus ditangani di UGD. Tapi, kondisi ini nyatanya dinilai sebagai keadaan darurat sehingga harus segera ditangani dengan menggunakan bronkodilator, teofilinatau steroid, dan terapi oksigen.

Selain diberikan pengobatan, kondisi ini juga memerlukan pemeriksaan gas arteri pembuluh darah, dan x-ray di bagian dada. Sedangkan untuk PPOK, Anda harus segera dibawa ke UGD jika sudah mulai kesulitan bernapas, batu berdahak atau bercampur darah, timbul sakit dada, dan terjadi pembengkakan perut dan kaki.

Di UGD Anda akan diberi obat-obatan reaksi cepat untuk melegakan pernapasan, termasuk bantuan pernapasan dengan oksigen. Jika PPOK disebabkan bakteri, antibiotik akan diberikan pada Anda.

Beberapa penyakit di atas adalah penyakit yang umumnya harus ditangani di UGD dalam kondisi darurat. Selain beberapa kondisi di atas, masih banyak penyakit lain yang juga harus ditangani di UGD. Jika Anda menyadari ada kondisi medis darurat di sekitar Anda, segera hubungi pihak rumah sakit atau bawa penderita ke UGD terdekat untuk bisa mendapatkan pertolongan secepatnya.