8 Fakta Unik tentang Soekarno yang Wajib Kalian Ketahui

fakta-fakta presiden soekarno

Kalian tentu mengenal pahlawan proklamasi yang satu ini, Ir. Soekarno. Presiden pertama Indonesia yang sangat berjasa bagi bangsa ini.  Pria kelahiran 6 Juni 1901 ini sangat terkenal di Asia bahkan di seluruh dunia karena kepandaian dan ketegasannya.

Mungkin kalian sudah tahu banyak tentang Soekarno, tapi saya yakin kalian pasti belum tahu 8 fakta tentang Soekarno di bawah ini:

1. Soekarno Dijadikan Nama Masjid di Rusia

Subhanallah. . ! Nama Mantan Presiden Pertama Indonesia Soekarno Jadi Nama Masjid di Rusia

Rusia tampaknya sangat menghormati presiden Indonesia yang satu ini, hingga mereka menggunakan Soekarno sebagai nama masjid.

Masjid Soekarno terletak di St. Petersburg dekat Sungai Neva, sekitar 900 km jauhnya dari Moskow. Ya... memang jauh, namun semua akan terbayar saat melihat masjid indah ini.


2. Soekarno Menjadi Cover di Majalah Time

Image result for time magazine December 1946

Ir. Soekarno terhitung sudah dua kali menjadi cover Majalah Time. Yang pertama pada edisi Desember 1946 dan yang kedua pada edisi Maret 1958. Salah satu majalah terbesar di dunia ini menyebut Soekarno sebagai pembicara (orator) ulung yang mampu mempengaruhi pendengarnya.

Tidak hanya Soekarno, 6 presiden setelahnyapun juga pernah menjadi cover majalah yang satu ini.

Baca juga: 5 Fakta Unik Seputar Jenderal Soedirman


3. Soekarno Dijadikan Nama Jalan di Maroko


Selain dijadikan sebagai nama masjid di Rusia, rupanya Soekarno juga dijadikan sebagai nama sebuah jalan di Maroko.

Jalan Soekarno terletak di samping  Post Office Medina Marrakech yang tidak lain merupakan kantor pos terbesar di Maroko. Kantor pos tersebut terletak di pusat kota dekat stasiun kereta Casa Voyager.

Selain di Maroko (dan Indonesia) ada 2 jalan Soekarno lagi yakni di Mesir dan di Pakistan.


4. Di Timur Tengah dan Wilayah Barat, Soekarno Menggunakan Nama Ahmed Soekarno

Image result for ahmed sukarno
Diambil dari http://www.slideshare.net/Mich62/achmed-sukarno-12741074
Soekarno menggunakan nama panggilan Achmed Sukarno di wilayah barat dan timur tengah. Penamahan nama Achmed (Ahmed) dimaksudkan untuk meningkatkan nuansa islami dan menarik perhatian negara-negara di Timur Tengah.

Jadi tidak heran jika kalian menemukan Jalan Achmed Soekarno di Mesir.


5. Pemerintah Kuba Menerbitkan Perangko Bergambar Soekarno

perangko-bung-karno-che-guevara

Pada tahun 2008 lalu, pemerintah Kuba menerbitkan perangko seri Soekarno dan Fidel Castro (Presiden Kuba pada tahun 1976-2008).

Perangko ini dibuat untuk ulang tahun Fidel Castro yang ke-80 sekaligus untuk mengenang hubungan diplomatik Indonesia-Kuba.

Pada saat yang bersamaan PT Pos Indonesia juga menerbitkan perangko yang sama dalam versi Indonesia dengan judul "Kunjungan Presiden Soekarno ke Kuba Tahun 1960."


6. Peninggalan Soekarno Berupa Bangunan

Image result for hotel indonesia

Selain hebat dalam bidang politik Soekarno juga pandai dalam memberi gagasan untuk membuat bangunan-bangunan kokoh yang bisa kita lihat hingga sekarang. 

Misalnya Gelora Bung Karno (GBK) yang menjadi stadion kebanggaan Indonesia, Hotel Indonesia yang menjadi hotel bintang 5 pertama di Asia Tenggara, Masjid Istiqlal yang merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara serta Monas dan Tugu Pancoran.

7. Perintah Pertama Soekarno adalah Memanggil Tukang Sate


Perintah pertama Presiden Soekarno bukanlah membentuk kabinet atau hal serius lain melainkan meminta sate ayam 50 tusuk pada tukang sate.

Dengan lahap Soekarno memakan sate tersebut sambil berjongkok di pinggir got dekat tempat sampah.


8. Soekarno Merupakan Wajah yang Paling Sering Tampil di Uang Rupiah


Sampai saat ini terhitung ada sekitar 34 jenis uang bergambar Ir. Soekarno, hal ini menjadikan Soekarno menjadi wajah yang paling sering muncul dalam uang rupiah.

Diikuti Jendral Sudirman dengan 11 kali muncul di uang rupiah.



Tertarik dengan artikel di atas? Gak ada salahnya untuk mengeshare artikel ini.